Akademisi Soroti Isi Pidato Jokowi, Nama KPK Turut Disebut!

Akademisi Soroti Isi Pidato Jokowi, Nama KPK Turut Disebut!
BENTENGSUMBAR.COM - Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ahmad Tholabi Kharlie menyoroti perihal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak menyinggung isu pemberantasan korupsi dalam pidatonya dalam Sidang Tahunan MPR, di Jakarta, Senin, 16 Agustus 2021. 


"Sangat disayangkan, isu pemberantasan korupsi absen dalam pidato presiden pada sidang tahunan MPR tahun 2021 ini," ujar Tholabi, dilansir dari GenPI.co pada Selasa, 17 Agustus 2021. 


Dekan Fakultas Syariah dan Hukum tersebut mengingatkan jika masalah korupsi menjadi hal krusial yang dihadapi bangsa Indonesia. 


Dia menerangkan, dalam survei Transparency International pada tahun 2020 indeks persepsi korupsi di Indonesia melorot dari poin 40 pada 2019 menjadi 37 pada 2020. 


Lebih lanjut, Ketua Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia itu menambahkan, saat ini peringkat Indonesia dalam pemberantasan korupsi berada di peringkat 102 dari 180 negara. 


"Dua pembantu presiden pada tahun lalu terlibat dalam kasus korupsi. Indonesia sedang tidak baik-baik saja khususnya dalam kasus korupsi," kata dia. 


Tholabi kemudian memberikan catatan lain terkait KPK yang kerap disorot publik, mulai soal tes wawasan kebangsaan hingga beleid internal yang mengatur perjalanan dinas pegawai. 


Menurut dia, sengkarut yang terjadi di KPK semestinya menjadi perhatian presiden sebagai upaya nyata menjawab harapan publik terhadap institusi itu.


"Sayangnya isu pemberantasan korupsi absen dipercakapkan dalam momen penting sidang tahunan ini," tegas dia.


Tholabi menerangkan, secara umum materi pidato presiden didominasi penanganan Covid-19 selama 1,5 tahun terakhir.


Menurutnya, penanganan Covid-19 yang menyedot anggaran belanja negara cukup banyak, semestinya secara linier diikuti dengan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi.


(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »