Headline

Opini

PADANG

Sports

Buntut Sidak Bupati Pasbar Gara-gara Laporan Warga Terkait Pencemaran Lingkungan, PT BSS Lakukan Ini

          Buntut Sidak Bupati Pasbar Gara-gara Laporan Warga Terkait Pencemaran Lingkungan, PT BSS Lakukan Ini
Buntut Sidak Bupati Pasbar Gara-gara Laporan Warga Terkait Pencemaran Lingkungan, PT BSS Lakukan Ini.

Buntut Sidak Bupati Pasbar Gara-gara Laporan Warga Terkait Pencemaran Lingkungan, PT BSS Lakukan Ini
BENTENGSUMBAR.COM - Pasca disidak Bupati Pasaman Barat (Pasbar) karena diduga telah melakukan pencemaran lingkungan Sungai Batang Alin pada hari senin tanggal 2 agustus 2021 lalu. Pihak PT. BSS mengaku telah lakukan gerak cepat dan langsung memperbaiki pipa pembuangan limbah yang diduga bocor tersebut.


Saat dihubungi BentengSumbar.com, Jumat, 6 Agustus 2021, Humas PT. BSS, Marjohan mengaku dugaan pembuangan limbah pabrik ke arah sungai Batang Alin yang dilaporkan oleh sejumlah warga sekitar tersebut tidak benar adanya. Tetapi, terjadinya ikan mati di air sungai batang alin itu, karena ada kerusakan teknis pipa limbah yang bocor dan mengalir hingga ke sungai batang alin tersebut. 


"Tidak ada unsur kesengajaan, itu terjadi karena kesalahan teknis, dan kami sudah memperbaiki pipa pembuangan limbah yang bocor tersebut, pada saat kunjungan Bupati Pasbar tersebut, pipa yang bocor langsung di perbaiki bahkan di malam kejadian itu juga, selanjutnya dalam sidak tersebut, pimpinan PT. BSS juga memperlihat kan pipa yang sudah diperbaiki dan berkas pekerjaanya," ujar Marjohan.


Marjohan menambahkan, selain memperbaiki pipa pembuangan limbah, pihaknya juga telah melakukan penebaran 5.000 ekor bibit ikan nila di sungai batang alin tersebut. Selain bentuk konpensasi kepada masyarakat, penebaran bibit ikan ini juga bertujuan untuk menjaga habitat asli dan ekosistem sungai batang alin.


"Kita juga memberikan biaya pemeliharaan ikan larangan  serta untuk pembangunan dan perawatan Mesjid Al Hudha Simpang Tiga Alin. Bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar Rp. 30.000.000 rupiah yang di berikan kembali ke pada panitia mesjid sebagai tambahan uang kas mesjid," ucapnya.


Selain itu, Marjohan juga mengucapkan rasa terima kasih kepada warga sekitar perusahaan, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Pasbar yang telah ikut mengawasi dan meninjau langsung kondisi kondisi pembuangan limbah tersebut hingga turun kelapangan. Menurutnya, dengan adanya pengawasan dari warga tersebut, akan membuat Pihaknyab(Pt. BSS) untuk bekerja lebih maksimal dan lebih berhati-hati untuk masa yang akan datang.


"Saya mewakili manajemen perusahaan, sangat berterima kasih kepada masuarakat yang telah melapotkan kejadian ini, sehingga kami bisa bergerak cepat dan memperbaiki pipa pembuangan limbah yang bocor tersebut. Disamping itu, kami juga memohon maaf atas kejadian ini, dan kejadian ini akan menjadi pelajaran bagi kami sehingga, kejadian ini tidak berulang kembali," pungkas Marjohan mengakhiri.


Laporan: Rido

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...