Headline

Opini

PADANG

Sports

Desa Wisata Kuranji Hilir Berduka! Lagi-lagi Abrasi Habiskan 2 Baris Pohon Aru di Sepanjang Pesisir Pantai Baselona

          Desa Wisata Kuranji Hilir Berduka! Lagi-lagi Abrasi Habiskan 2 Baris Pohon Aru di Sepanjang Pesisir Pantai Baselona
BENTENGSUMBAR.COM - Pantai Baselona Lohong saat ini menjadi icon destinasi wisata bagi Nagari Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Pokdarwis Pantai Baselona Kuranji Hilir dibentuk pada tanggal 30 Juni 2021, serta dikeluarkannya Surat Keputusan oleh Wali Nagari Kuranji Hilir No. 32/KEP/NKH-SL/VII/2021, tertanggal 30 Juli 2021.

Konsep yang diusung oleh Pokdarwis ini adalah Wisata Keluarga dan Edukasi. Hal ini dapat diapungkan setelah terlebih dahulu mendapatkan arahan serta bimbingan dari Dosen Politeknik Negeri Padang - PNP sebagai bentuk kolaborasi antara perguruan tinggi dengan pemerintahan desa/ nagari di Kuranji Hilir sejak tanggal 18 Februari 2021.

Namun demikian, pengurus Pokdarwis Usman Ibrahim Tabuik, Bila Hasmadi, Datuak Mudo Ermansyah serta masyarakat sekitarnya dikejutkan oleh hilangnya pohon Aru sebanyak 2 baris di sepanjang pesisir Pantai Baselona yang disebabkan oleh besarnya ombak yang terjadi pada hari Jum’at, 13 Agustus 2021 pada pukul 02.00 WIB dini hari hingga menghanyutkan pohon Aru tersebut.

Hal ini menambah beban kerja baik bagi pengurus Pokdarwis Pantai Baselona Kuranji Hilir, juga pemerintahan nagari serta pihak-pihak yang berkepentingan untuk segera melakukan tindakan.

Setelah melalui tinjauan langsung ke lapangan pada hari Minggu (15/08/2021), maka pewarta media ini melakukan wawancara dengan Usman Ibrahim Tabuik sebagai ketua Pokdarwis dengan permohonan kepada Pemda baik Pemda Kabupaten Padang Pariaman sampai ke tingkat pusat berupa pengadaan batu pemecah ombak/ batu Grip untuk dipasang di sepanjang pesisir Pantai Baselona.

“Harapan kami dengan sungguh-sungguh kepada Pemda Padang Pariaman, Pemda Provinsi maupun Pemerintah Pusat untuk dapat kiranya dibantu dengan pemasangan Batu Pemecah Ombak/ Batu Grip di sepanjang pesisir Pantai Baselona ini. Jika tidak ada, maka tidak tertutup kemungkinan akan menghabiskan pula lahan masyarakat serta rumah-rumah masyarakat yang ada di sepanjang pesisir Pantai Baselona ini,” demikian harapan Usman Ibrahim Tabuik.

Ternyata, kabar berita ini telah sampai pula kepada bapak Yusrizal, pegawai PUPR Kabupaten Padang Pariaman yang bertempat tinggal di Sungai Limau dan serta merta melakukan sidak ke lokasi pada hari Senin (16/08/2021) pada pukul 09.30 WIB dan didampingi oleh Usman Ibrahim Tabuik.

“Sudah kami lakukan koordinasi langsung kepada pihak-pihak terkait, baik di Dinas PUPR Kabupaten Padang Pariaman juga ke Dinas PUPR Provinsi Sumatera Barat di bagian PSDA – Pengelolaan Sumber Daya Air,” ungkap Yusrizal.

Laporan: H. Ali Akbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...