Headline

Opini

PADANG

Sports

HMI Serukan Demo Kepung Istana dan DPR di Masa PPKM, Refly Harun: Tak Perlu Izin

          HMI Serukan Demo Kepung Istana dan DPR di Masa PPKM, Refly Harun: Tak Perlu Izin
BENTENGSUMBAR.COM - Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun menilai seruan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk berdemo mengepung Istana dan DPR pada 6 Agutus 2021 mendatang cukup menarik.

Menurut Refly Harun, kabar HMI yang akan berdemo di Istana dan DPR RI Jakarta itu pantas diapresiasi karena hak setiap warga negara untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum.

"Berita ini (HMI Serukan Demo) ngeri-ngeri sedap ya," ungkapnya dalam channel YouTube Refly Harun, Rabu 4 Agustus 2021.

Namun yang perlu digaris bawahi, kata Refly Harun, demo HMI ini terancam dibubarkan karena pihak kepolisian tidak akan mengizinkan aksi unjukrasa di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Bahwa demo ini tidak diizinkan kepolisian, sebenarnya demo tidak perlu izin, karena ini adalah bagian dari hak untuk menyampaikan pendapat, baik secara lisan maupun tulisan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Refly Harun menyebut, seharusnya kewajiban penegak hukum adalah mengawal agar demonstrasi itu tidak berkembang menjadi anarkis.

"Dan juga ya menjaga agar demo itu berlangsung secara tertib, dalam konteks katakanlah protokol kesehatan harus berlangsung dengan mengindahkan prokes," ungkap Refly Harun.

Seperti diketahui, beredar kabar Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Indonesia (PB HMI) pimpinan Abdul Muis Amiruddin menginstruksikan kepada Ketua Umum Badan Koordinasi (Badko) HMI se-Indonesia agar menggelar aksi unjuk rasa menjelang dua tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Mereka menilai Presiden dan Wapres Jokowi-Ma'ruf Amin yang dihadapkan pada krisis pandemi Covid-19 gagal memenuhi hak masyarakat.

HMI juga menyadari bahwa aksi tersebut tidak akan diizinkan oleh pihak kepolisian karena masih dalam penerapan PPKM Level 4.

Meski demikian, kabarnya mereka bersikukuh akan tetap melaksanakan aksi karena sudah mengirimkan pemberitahuan sebagaimana amanat Undang-undang.

Source: isubogor
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...