Headline

Opini

PADANG

Sports

Intip Rahasia Tetap Sehat di Tengah Pandemi dari Para Perempuan Hebat Ini

          Intip Rahasia Tetap Sehat di Tengah Pandemi dari Para Perempuan Hebat Ini
BENTENGSUMBAR.COM - Perempuan berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarga. Sayangnya, peran ganda sebagai ibu, istri, dan pekerja sering kali membuat perempuan terlalu sibuk untuk memikirkan kesehatan dirinya sendiri.

Sebuah survei mengungkapkan bahwa 62% perempuan di seluruh dunia ternyata tidak mempunyai waktu untuk mencari tahu tentang kesehatan mereka sendiri. 

Padahal, menurut Analisa Widyaningrum, Psikolog Klinis & CEO APDC Indonesia, perempuan harus selalu memperhatikan masalah kesehatannya, baik kesehatan fisik maupun mental. 

Analisa mengatakan, perempuan merupakan tokoh sentral di rumah dan pandemi membuat kaum Hawa lebih rentan terhadap beberapa kondisi mental. Pasalnya, situasi saat ini berbeda dengan sebelum pandemi.

Oleh karena itu, dia menjelaskan bahwa tips yang paling penting untuk dilakukan perempuan dalam peranan mengurus keluarga di tengah situasi pandemi seperti saat ini adalah melakukan manajemen diri, waktu dan delegasi.

Selain itu, juga ada beberapa penghalang yang harus disingkirkan. Mulai dari meminimalisir perasaan insecure, ketakutan akan berbagai risiko, kepercayaan diri yang rendah dan stigma bahwa pekerjaan laki-laki lebih baik. 

Dia menekankan bahwa perempuan berperan sebagai pusat kendali emosi dalam keluarga. Menurutnya, perempuan yang menyayangi diri sendiri mampu menyayangi setiap anggota keluarga lainnya dengan baik.

Mengonsumsi suplemen

Tips lain datang dari artis Alyssa Soebandono. Dia mengaku kerap mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. Menurut dia, kolagen sangat penting bagi tubuh seseorang, terutama untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan cantik.

Tak hanya itu, Alyssa mengungkapkan bahwa kolagen juga bagus untuk pertumbuhan rambut, kuku, juga persendian. Dengan demikian, seorang perempuan bisa menjaga kecantikan kulit sekaligus kesehatannya.

Sementara itu, dr. Henie Widowati, Dokter Spesialis Paru mengatakan bahwa memperhatikan suplemen dan asupan mampu menjaga imun tubuh. Dia pun menyarankan untuk mengonsumsi probiotik karena dapat menurunkan insidensi dan durasi dari infeksi saluran pernapasan akut viral serta penurunan kebutuhan regimen antibiotik pada infeksi nafas akut bakterial.

Hidup bersih dan sehat

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat juga sangat penting pada masa pandemi ini. Anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, sangat menganjurkan hal ini.

Menurut dia, perilaku hidup sehat dan perilaku hidup bersih harus selalu dilakukan masyarakat, termasuk kaum perempuan di era new normal ini. Pasalnya, aktivitas perempuan dianggap jauh lebih banyak dibandingkan kaum laki-laki. 

Kaum Hawa harus bekerja sekaligus mengurus keluarganya sehingga asupan makanan yang mengandung gizi seimbang akan membuat mereka lebih sehat dan kuat di masa pandemi ini.

Meski demikian, dr. Reisa mengingatkan agar tetap jaga kesehatan dari dalam. Oleh karena itu, perilaku hidup bersih harus selalu disertai perilaku hidup sehat.

Dia pun menjelaskan, makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tubuh harus diperhatikan sesuai anjuran. Istilahnya kini adalah gizi seimbang dan bukan lagi empat sehat lima sempurna seperti yang dikenal banyak orang sejak dahulu.

Menurutnya, dengan mengkonsumsi gizi seimbang, maka yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya karbohidrat dan protein saja, namun juga lemak, vitamin dan mineral. Dia pun mengingatkan bahwa lemak yang masuk ke tubuh seharusnya lemak baik.

Protokol kesehatan

Tak semua orang bisa menikmati bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Bagi perempuan yang harus bekerja di kantor karena tuntutan pekerjaan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi punya tips tetap sehat.

Menlu mengatakan bahwa bekerja dari rumah tak berlaku untuknya selama pandemi ini. Dia mengatakan harus ada yang terus bekerja dan menjaga keberlangsungan hidup orang lain, seperti yang dia lakukan saat ini untuk menjamin ketersediaan vaksin.

Meski demikian, Retno mengaku tidak melakukan hal-hal yang rumit untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Yang dia lakukan adalah pertama, mematuhi protokol kesehatan secara ketat.
Misalnya dalam pesawat, dia memakai masker ganda atau memakai masker N95. Selain itu, dia juga menggunakan sarung tangan. Retno mengaku melakukan upaya apapun sebisanya agar tidak sampai terpapar Covid-19.

Kedua, dia menganjurkan untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar. Rento mengaku masih mampu melakukan olahraga lari selama satu jam. Tak hanya itu, dia juga terbiasa makan makanan sehat, dan tidak mengonsumsi makanan berminyak.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...