10 Fakta Tentang Putri Tanjung, Staf Khusus Presiden Termuda

BENTENGSUMBAR.COM - Putri Tanjung merupakan salah seorang milenial yang termasuk dalam anggota staf khusus Presiden Joko Widodo. Saat dilantik, ia masih berusia 23 tahun, yang kemudian mencatatkan dirinya sebagai staf khusus termuda di antara yang lainnya.

Buat yang belum mengenal siapa itu Putri Tanjung, berikut ini fakta-fakta tentangnya yang bisa diketahui: 

Anak Konglomerat

Putri Tanjung adalah putri sulung seorang konglomerat, Chairul Tanjung. Ayahnya merupakan pemilik CT Corp, sosok  yang menduduki peringkat ke-7 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes tahun 2019  

Lulusan Universitas Luar Negeri  

Putri Tanjung bersekolah di jurusan Multimedia Communication, Academy of Arts  San Francisco. Ia berhasil meraih gelar sarjana pada Mei 2019 lalu. 

Berbisnis Sejak Usia 15 Tahun

Siapa yang sangka, walaupun anak dari keluarga berada dan kaya raya, akan tetapi sudah mulai berbisnis sejak usianya 15 tahun. Saat masih sekolah, ia kerap berpartisipasi membuat event. Dari situ lah akhirnya Putri mulai menjalankan bisnis kecil-kecilan. 

Putri Tanjung pernah bertindak sebagai event organizer untuk acara ulang tahun temannya. Ia menyebut kalau dirinya merasa memiliki tekanan sebagai anak dari seorang konglomerat. Oleh karena itu, di usia muda, Putri Tanjung sudah menekuni usaha sendiri dan tidak mau bergantung kepada orang tua. 

Ia sendiri sadar kalau orang tuanya adalah pengusaha yang hebat dan orang terpandang. Atas dasar itu lah, Putri merasa harus melakukan sesuatu yang dimulai dari hal yang ia bisa dan ia sukai. 

Tidak Dimodali Orang Tua

Walaupun lahir dari keluarga berada, tapi saat menjalankan bisnis, Putri sama sekali tidak mendapatkan modal dari orang tuanya, khususnya sang ayah. Ia memilih untuk tidak menggunakan embel-embel sang ayah untuk memuluskan usahanya. Ia benar-benar menjalankan usaha dari nol. Caranya sendiri dilakukan dengan mengumpulkan uang sampai  bekerja di beberapa tempat.  

Tidak Pandai Berhitung

Rupanya ada alasan khusus kenapa ia memutuskan untuk terjun ke bisnis. Putri mengaku kalau dirinya memiliki kelemahan dalam berhitung, khususnya urusan Matematika. Oleh sebab itu, ia lebih tertarik menekuni bidang event organizer. Hal tersebut juga sudah dilakukan Putri saat ia duduk di bangku SMP. 

Menjadi CEO di Usia Muda 

Saat teman-teman seusianya sibuk bermain, Putri Tanjung sudah bisa menjadi Chief Executive Officer (CEO) untuk usahanya sendiri. Ia mendidikan Creativepreneur Event Creator pada tahun 2014 silam, tepatnya saat dirinya berusia 17 tahun.

Semuanya tentu bukan hal yang mudah ia gapai. Bermula dari hobinya membuat event sekolah, Putri Tanjung akhirnya bisa memiliki bisnis sendiri, bahkan tanpa bantuan dana dari orang tuanya. 

Putri Tanjung sadar jika menjalankan bisnis itu tidak mudah, tapi baginya hal itu justru menjadi tantangan tersendiri agar bisa mencapai kesuksesan.

Pernah Mengalami Penolakan

Walaupun sudah memiliki bisnis sendiri, tapi Putri Tanjung juga pernah mendapatkan penolakan saat mempresentasikan proposal untuk acara besar yang akan digelarnya. Meski begitu, ia tidak langsung putus semangat dan menyerah begitu saja.

Menurut Putri, dalam menjalankan usaha itu butuh proses yang tidak sebentar. Jadi, mengalami penolakan itu adalah hal yang biasa dan tidak perlu dibesar-besarkan. Justru setelah mengalaminya, ia bisa menjadi pribadi yang lebih kuat lagi dan terus belajar hal baru. 

Pernah Berjualan

Meskipun berstatus sebagai anak dari seorang konglomerat, Putri pernah mengatakan kalau dirinya tidak melulu hidup mewah. Ia mengaku jika dulu ayahnya malah memberikan uang saku sangat sedikit. Oleh sebab itu, jika dia ingin mendapatkan sesuatu, Putri harus melakukan sesuatu agar ia bisa mendapatkan uang tambahan, bagaimanapun caranya. 

Usut punya usut, Putri bahkan pernah sampai berjualan pembatas buku yang ia buat sendiri, lalu ia jual kepada teman-temannya di sekolah. Hal itu dilakukan Putri agar ia mendapatkan yang tambahan untuk membeli sesuatu yang diinginkannya.

Sayang ibu

Sebagai anak sulung, Putri Tanjung memiliki kedekatan dengan sang ibunda, Anita Ratnasari Tanjung. Ia kerap membagikan
beberapa momen saat tengah bersama sang ibu di akun Instagramnya.

Bagi Putri Tanjung, ibunya salah orang yang paling penting dalam hidupnya. Berkat sang ibu lah, kini Putri bisa tumbuh menjadi anak yang kuat dan mandiri. 

Baru Saja Dilamar Kekasih

Belum lama ini, tepatnya 19 September lalu, Putri Tanjung baru saja dilamar oleh sang kekasih, Guinandra Jatikusumo. Momen bahagia tersebut ia bagikan di akun Instagramnya. Itu tandanya ia dan sang kekasih bakal segera menjadi sepasang suami istri.

Penulis: Anita Harink, Anggota Perempuan Indonesia Satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »