PILIHAN REDAKSI

Laporan Ditolak Polda Banten, LQ Indonesia Lawfirm Ragukan Komitmen Kepolisian Tindak Oknum Polisi Smackdown Mahasiswa

BENTENGSUMBAR.COM - LQ Indonesia Lawfirm yang sejak 3 minggu lalu menjadi pelopor adanya modus Oknum POLRI terutama di Fismonde...

Iklan Bank Nagari

Kembalikan Kejayaan Pertanian Kabupaten Solok, Mahyeldi Serahkan Bantuan Pada Petani Nagari Talang

          Kembalikan Kejayaan Pertanian Kabupaten Solok, Mahyeldi Serahkan Bantuan Pada Petani Nagari Talang
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi menyerahkan bantuan produk holtikultura pada masyarakat dalam rangka antisipasi dampak covid-19 di Jorong Anau Kadok, Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sabtu, 25 September 2021.

Bantuan yang merupakan kerjasama Dirjen hortikultura Kementerian Pertanian bersama Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar, ini terdiri dari 250 paket tanaman hortikultura bavi masyarakat petani yang terkena dampak Covid-19.

Selain bantuan paket hortikultura, gubernur juga menyerahkan bantuan electric handsprayer atau alat semprot untuk enam kelompok tani di magari di lereng Gunung Talang tersebut.

Gubernur berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Kedepan Pemprov Sumbar, lanjut gubernur juga akan mengembangkan perkebunan di Nagari Talang mengingat tanahnya yang subur dan banyak lahan tidur.

"Memang untuk memajukan pertanian ini perlu sinergi agar masyarakat mendapatkan kemudahan. Mulai dari bibit, pupuk dan akses jalan pertanian. Insyaallah, sesuai visi misi kita majukan pertanian, tingkatkan kesejahteraan masyarakat. Lahan tidur disini saya lihat banyak dan tanahnya subur, mudah-mudahan bisa kita manfaatkan untuk kebaikan bersama," tutur gubernur.

Zulfadri, Wali Nagari Talang, mengatakan, terdapat 100 hektar lahan tidur di Nagari Talang. Ia berharap bantuan bibit jagung yang menurutnya sangat cocok ditanam di kawasan tersebut.

Sementara, Asisten II Pemkab Solok Medison, menyambut gembira rencana pengolahan lahan pertanian di Nagari Talang. Ia berharap kejayaan Kabupaten Solok sebagai sentra pertanian bisa bangkit kembali.

"Insyallah, jika Pak gubernur bantu bibit, kami dari Pemkab Solok akan perlebar akses jalan pertanian sehingga petani lebih mudah membawa hasil pertaniannya nanti," kata Medison.

Dedi (37), salah seorang pefani penerima bantuan dari Kelompok Tani Muda Berkarya, sangat senang dapat bantuan alat semprot. "Alhamdulillah, alat ini bisa untuk menyemprit ladang cabe saya. Terimakasih Pak Gubernur memang perhatian sama petani," ucap Dedi. 

Laporan: Novrianto Ucoxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...