Headline

Opini

PADANG

Sports

Marah Lihat Kelakuan Jamaah Haji Indonesia, Ulama Besar Madinah: Mereka Berbohong Saat Berdoa

          Marah Lihat Kelakuan Jamaah Haji Indonesia, Ulama Besar Madinah: Mereka Berbohong Saat Berdoa
BENTENGSUMBAR.COM – Ulama besar asal Madinah, Syekh Sulaiman Ar-Ruhaily menyinggung kelakuan jamaah haji Indonesia yang menurutnya hanya sibuk foto selfie dibandingkan beribadah.

Syekh Sulaiman pun menyayangkan kelakuan jamaah haji Indonesia yang sibuk foto selfie tersebut. 

Menurutnya, momen ibadah haji seharusnya digunakan sebaik-baiknya untuk mencari kebaikan bukan malah pamer sana-sini.

Bahkan, kata Syekh Sulaiman, saat penceramah menyampaikan dakwah di Masjid Nabawi dia pernah melihat ada jamaah haji Indonesia yang tak mendengarkan.

Menurutnya, jamaah itu hanya sibuk foto selfie untuk dibagikan ke kerabat keluarga maupun rang-orang yang mengenal mereka.

“Tak diragukan lagi, kecenderungan manusia berfoto ria semakin nampak jelas, bahkan di masjid Nabawi, ketik katib sedang ceramah, malah seperti ini (foto selfie),” ujar Syekh Sulaiman, Senin 13 September 2021.

Lebih lanjut, Syekh Sulaiman juga menilai berfoto ria saat beribadah haji memang kerap dilakukan banyak orang. Namun, hal tersebut menurutnya kurang baik.

Pasalnya, menurut Sulaiman, tujuan mereka datang ke Tanah Suci semestinya untuk beribadah dan bukannya mengabadikan momen jalan-jalan.

Ia pun menceritakan, pernah suatu ketika dia bertemu jamaah haji Indonesia yang berpose sedang berdoa kemudian salah seorang teman memotretnya.

Syekh Sulaiman menilai, hal itu merupakan kebohongan besar lantaran jamaah haji tersebut pura-pura berdoa hanya demi kepentingan foto.

“Bahkan, mereka berbohong saat berdoa, minta tolong ke orang lain ‘hei fotokan aku’ sambil memperagakan gerakan berdoa. Bohong berdoa, padahal tidak berdoa,” ungkapnya.

Ulama besar Madinah ini menambahkan, setelah mengambil banyak gambar jamaah haji Indonesia tersebut lantas memperlihatkan foto selfie mereka ke kerabat maupun orang-orang dekat mereka saat kembali ke tanah air.

“Begitu kembali ke Indonesia, mereka pajang foto mereka dan mereka pamerkan ke orang-orang, seolah sedang berdoa di Masjid Nabawi,” ujarnya. (terkini)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...