Marak Tokoh Agama Diserang, Fadli Zon Ingatkan Peristiwa PKI Serang Pesantren di Kanigoro

BENTENGSUMBAR.COM – Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon, menyoroti adanya penyerangan terhadap sejumlah tokoh agama Islam beberapa hari terakhir ini. 

Dalam akun twitternya, Fadli melihat apa yang terjadi saat ini hampir serupa dengan peristiwa pemberontakan PKI pada tahun 1965 silam.

Menurut Fadli, pada tahun 1965 dulu juga banyak teror dan provokasi terhadap umat islam. 

Salah satunya yakni peristiwa pengepungan dan penangkapan peserta pelatihan mental Pelajar Islam Indonesia di Pondok Pesantren Al Jauhar, Desa Kanigoro, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada 13 Januari 1965, yang dikenal dengan peristiwa Kanigoro.

"Seperti aksi-aksi sepihak PKI tahun 1965. Selalu ada teror dan provokasi pada umat Islam. Peristiwa Kanigoro atau Bandar Betsy contohnya," kata Fadli, dalam akun twitternya yang dikutip Selasa 21 September 2021.

Selain itu  Fadli juga menyoroti bagaimana tindaklanjut aparat terhadap kasus-kasus penyerangan terhadap tokoh agama. Fadli menilai seakan ada perbedaan penanganan dalam kasus penyerangan terhadap tokoh agama.

"Pelaku penyerangan dan teror terhadap Ustadz atau Imam atau simbol-simbol Islam sering dilabel “orang gila”. Sementara kalau ada serangan terhadap simbol-simbol agama lain langsung dicap “teroris”. Lalu “orang gila” bisa diinterogasi dimintai keterangan?" ujar Fadli dalam akun yang sama.

Sebelumnya diberitakan, terjadi insiden penembakan terhadap seorang ustaz di Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang Kota Tangerang oleh Orang Tak Dikenal (OTK). Akibatnya, dalam penyeramgan tersebut korban tewas.

Di tempat berbeda, seorang pendeta Gereja Toraja Klasis Makassar mengalami teror pelemparan bom molotov oleh mantan pekerja gereja. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Belakangan, pelaku berhasil ditangkap oleh aparat dan telah diamankan di kantor polisi setempat.

Sementara sebuah rekaman video yang memperlihatkan seorang penceramah diserang oleh orang tak dikenal beredar viral di media sosial, yang kejadiannya disebut di Masjid Baitus Syakur, Batam, Kepulauan Riau. Penceramah itu dikenal sebagai ustaz Abu Syahid Chaniago.

Sebagaimana dikutip dari akun Youtube ridha gaming, rekaman itu diberi keterangan judul "penyerangan ustadz abu syahid chaniago di masjid baitul syakur jodoh, batam" pada Senin, 20 September 2021. (Viva)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »