Headline

Opini

PADANG

Sports

Penurunan Angka Covid-19, Aksi Nyata Puan, dan Pujian dari WHO

          Penurunan Angka Covid-19, Aksi Nyata Puan, dan Pujian dari WHO
BENTENGSUMBAR.COM - Baru - baru ini seorang mantan pemimpin berpengaruh dari Partai Aksi Demokratis, sebuah partai oposisi Sosial Demokratis di Malaysia yakni Lim Kit Siang, meminta agar Menkes Khairy Jamaluddin belajar dari Indonesia dalam menurunkan jumlah kasus COVID-19 harian. 

Melansir Malay Mail, ia juga memberi peringatan bahwa vaksinasi saja tidak akan membantu menyelesaikan masalah COVID-19 di Malaysia.

"Bisakah Menteri Kesehatan yang baru, Khairy Jamaluddin, menjelaskan mengapa selama 16 hari berturut-turut, Indonesia telah mengurangi kasus baru COVID-19 hariannya menjadi kurang dari Malaysia bahkan kurang dari setengah seperti kemarin 8.955 kasus menjadi 20.988 kasus Malaysia?" kata Lim.

"Ini bukan mencari-cari kesalahan tetapi mencari cara untuk meningkatkan penanganan kita terhadap pandemi COVID sehingga memenangkan perang melawannya," tambah pemimpin DAP itu.

Malaysia saat ini adalah salah satu negara dengan kinerja terburuk di dunia dalam hal response COVID tahun ini, catat Lim.

Lim membandingkan keberhasilan Indonesia dalam mengurangi jumlah kasus COVID-19 hariannya, dengan mengatakan negara tetangga, meskipun populasinya lebih besar, telah berhasil mengurangi tingkat infeksinya jauh lebih cepat daripada Malaysia.

Gotong royong

Penurunan angka Covid-19 di Indonesia merupakan bentuk nyata pemerintah dan masyarakat saling gotong royong untuk mengatasi penyebaran virus ini.

Salah satu politisi yang getol menyuarakan pentingnya kesehatan dan percepatan vaksinasi adalah Puan Maharani. 

Seperti diketahui, Puan kerap melakukan kunjungan kerja untuk meninjau secara langsung pendistribusian vaksin ke berbagai daerah. 

Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara pada 2-4 September 2021. Acara ini langsung ditinjau Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani. 

Selain menyasar para nelayan Jakarta, vaksinasi Covid-19 tersebut juga diperuntukan bagi masyarakat umum guna mendukung program pemerintah mempercepat vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi kali ini menyasar 7.500 orang yang terdiri dari difabel, nelayan hingga anak-anak tuna wisma.

Selain itu,  Puan Maharani memberikan bantuan 30 ribu dosis vaksin COVID-19 untuk masyarakat Jawa Timur. Bantuan ini diberikan di sela dirinya meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Surabaya.

Puan menjelaskan, 30 ribu dosis vaksin COVID-19 ini disalurkan melalui Pemerintah Kota Surabaya. Puan berharap bantuan dari DPR RI itu dapat mempercepat tercapainya target vaksinasi kepada warga Jatim, khususnya Surabaya

"Saya berharap vaksinasi hari ini akan mempercepat target vaksinasi dan tercapainya herd immunity di Surabaya dan Jawa Timur," kata Puan, di Gelora Tambaksari, Surabaya.

Selain vaksin, Puan juga memberikan sembako kepada masyarakat yang terdampak oleh pandemi. Ia melakukan berbagai cara guna membantu masyarakat di masa-masa sulit pandemi Covid-19 saat ini.

Beragam bantuan diberikan Puan untuk masyarakat, lewat jejaring politiknya secara nasional. Bantuan tersebut seperti program-program pembagian paket sembako hingga kebutuhan penunjang protokol kesehatan, yaitu masker, hand sanitizer, dan disinfektan.

Kemudian juga terdapat bantuan tambahan vitamin dan obat-obatan bagi warga yang terpapar virus Corona.

Di Kabupaten Malang, bantuan dari Puan disalurkan kepada pasien-pasien Covid-19 yang melakukan isolasi terpusat (isoter) di sejumlah lokasi dan warga masyarakat lain yang membutuhkan. 

Bantuan Ketua DPP PDIP ini disampaikan oleh kader-kader hingga relawan yang berada di bawah naungan partai dengan organ taktis yang diberi nama Relawan Sanusi Didik (Sandi) untuk Puan Maharani.

Puan juga tak henti - hentinya, mengajak seluruh pihak bergotong royong menyukseskan vaksinasi Covid-19. Puan mengapresiasi tingkat vaksinasi Indonesia yang saat ini berada di peringkat 7 dari negara-negara di dunia. Dengan gotong royong yang lebih optimal lagi dari seluruh elemen masyarakat, peringkat vaksinasi di Indonesia tahun depan terus meningkat.

“Insyaallah 2022 Indonesia vaksinasinya bisa mendekati negara-negara besar lainnya,” kata Puan Maharani.

Puan mengatakan DPR bersama pemerintah terus berkoordinasi untuk terus menjaga ketersediaan vaksin di dalam negeri. Tujuannya tentu agar bisa mempercepat proses vaksinasi yang sedang berjalan.

Dipuji WHO

Penurunan angka Covid-19 dan gotong royong masyarakat Indonesia dipuji oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ketua DPR RI Puan Maharani menilai keberhasilan penurunan kasus Corona di Indonesia berkat kontribusi semua pihak, termasuk upaya nyata penanganan Covid-19 oleh pemerintah.
Adapun hal yang disoroti WHO adalah angka positivity rate Corona di Indonesia yang kini berada di angka 6,6 persen, padahal Juni hingga Agustus angkanya masih tinggi. Angka positivity rate Corona di Indonesia saat ini nyaris menyentuh batas aman 5%.

“Keberhasilan penurunan kasus Corona di Indonesia buah dari gotong royong seluruh elemen bangsa, termasuk dari masyarakat yang mau bekerja sama terhadap setiap kebijakan pemerintah mengenai penanganan Covid-19,” kata Puan, Jumat (10/9/2021).

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...