Sumbar Gelar Gebyar Vaksin Sasar 250 Ribu Pelajar SMA

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar Gebyar Vaksin untuk menyasar 250 ribu pelajar SMA/SMK dan SLB di daerah itu guna mempercepat capaian vaksinasi remaja.

"Gebyar vaksin pelajar ini untuk mempercepat capaian vaksinasi remaja yang masih rendah di Sumbar sekaligus upaya agar pembelajaran tatap muka bisa segera dilakukan," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat meluncurkan program tersebut secara langsung di SMA N 6 Padang dan diikuti secara virtual dari seluruh kabupaten/kota, Selasa, 14 September 2021.

Ia menuturkan saat ini capaian vaksinasi dosis pertama untuk remaja di Sumatera Barat baru sekitar 4,5 persen sementara untuk vaksinasi dosis kedua lebih rendah lagi sekitar 2 persen.

Perlu upaya dan dorongan dari pemerintah provinsi dan kabupaten kota untuk mempercepat capaian vaksinasi remaja salah satunya melalui Gebyar Vaksinasi yang dilakukan oleh Pemprov Sumbar. Setelah diluncurkan secara offline di SMA 6 Padang maka seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat akan memulai program vaksinasi tersebut sesuai dengan kesiapan secara teknis di daerah.

Audy menegaskan jumlah dosis vaksin yang ada di Sumbar saat ini masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi karena itu pemerintah kabupaten dan kota tidak usah cemas dan bisa melaksanakan vaksinasi sebanyak mungkin. "Kalau stok di kabupaten/kota kurang silahkan langsung hubungi Dinas Kesehatan Sumbar. Kami akan langsung kirimkan sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Ia juga mengimbau siswa yang telah divaksin untuk mengajak kawan-kawannya agar segera mengikuti vaksinasi sehingga bisa mempercepat upaya pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Sumbar.

Bahkan ia juga mengimbau orang tua siswa untuk ikut vaksinasi bersama anaknya dalam program Gebyar Vaksinasi Pelajar itu. "Silakan orang tua yang ingin divaksin ikut anaknya ke sekolah untuk mendapatkan vaksinasi. Semua akan dilayani oleh petugas yang ada. Kalau nanti ternyata vaksinnya kurang kami akan pasok lagi dari provinsi,"katanya.

Audy berharap dengan meningkatnya capaian vaksinasi terutama di kota Padang maka level PPKM akan turun dari level 4 sehingga siswa bisa kembali belajar meskipun dengan beberapa pembatasan. (Budi)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »