PILIHAN REDAKSI

Laporan Ditolak Polda Banten, LQ Indonesia Lawfirm Ragukan Komitmen Kepolisian Tindak Oknum Polisi Smackdown Mahasiswa

BENTENGSUMBAR.COM - LQ Indonesia Lawfirm yang sejak 3 minggu lalu menjadi pelopor adanya modus Oknum POLRI terutama di Fismonde...

Iklan Bank Nagari

Mulai dari Bajak Sawah Sampai Makan Jagung, Lengkap Sudah Kunjungan Puan Maharani ke Papua

          Mulai dari Bajak Sawah Sampai Makan Jagung, Lengkap Sudah Kunjungan Puan Maharani ke Papua
BENTENGSUMBAR.COM - Semua mata masyarakat Indonesia kini tertuju ke Papua. Pasalnya, di sana sedang berlangsung Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua di Jayapura.

Diawali dengan Puan Maharani mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Puan berharap agar berbagai arena tempat berlangsungnya PON terus dirawat meski ajang olahraga nasional itu sudah berakhir. Ia mengingatkan, agar seluruh venue PON harus mendatangkan sebanyak-banyaknya manfaat bagi rakyat Papua.

Peresmian venue PON XX secara simbolis dilakukan di Gedung Istora Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/20/2021). PON Papua sendiri akan resmi dibuka malam nanti, dan pelaksanaannya berlangsung hingga 12 Oktober mendatang.

“Pembangunan fasilitas olahraga dalam rangka pelaksanaan PON di Provinsi Papua akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua,” kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini mengingatkan agar seluruh venue PON harus mendatangkan sebanyak-banyaknya manfaat bagi rakyat. Puan menyebut, jangan sampai pembangunan dengan nilai yang besar menjadi sia-sia dan hanya digunakan saat PON berlangsung.

“Pasca-perhelatan PON seluruh fasilitas olah raga yang dibangun dengan triliunan rupiah uang rakyat ini, harus dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat Papua,” tegasnya.

Bukan tanpa alasan Puan mengingatkan hal tersebut. Sebab selama ini banyak venue yang dibangun untuk pelaksanaan PON, pada akhirnya kurang dimanfaatkan setelah pesta olahraga empat tahunan itu berakhir.

Percepatan vaksinasi

Puan Maharani mendorong terlaksananya percepatan vaksinasi di Papua. Menurutnya, percepatan vaksinasi perlu dilakukan agar masyarakat Papua bisa lebih terjamin keselamatannya di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut ia disampaikan dalam kegiatan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Papua di Kantor Gubernur Papua di Jayapura, Sabtu (2/10).

"Dari laporan yang saya terima bahwa pencapaian vaksinasi di Papua ini masih rendah, baik dosis pertama maupun kedua," kata Puan.

Dari jumlah penduduk Provinsi Papua sebanyak kurang lebih 3,4 juta jiwa, pemerintah menargetkan vaksinasi terhadap 2.583.771 warga. Namun pencapaian vaksinasi di Papua untuk dosis pertama baru 22,62% dan dosis kedua 14,66%.

Data per 30 September lalu, total kasus Covid-19 di Provinsi Papua mencapai 33.705. Maka, Puan mendorong pemerintah daerah untuk segera mempercepat capaian vaksinasi Covid-19.

"Tentu saja dukungan dan dorongan dari semua pihak harus menjadi salah satu komitmen dari kita semua agar vaksinasi bisa berjalan dengan baik dan benar di seluruh wilayah Papua," ucapnya.

Puan menambahkan, butuh peningkatan upaya dari seluruh pihak agar vaksinasi Covid-19 bisa menjangkau seluruh masyarakat Papua. Mengingat kondisi geografis di Papua yang memang menjadi kendala dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi.

Tanam jagung

Puan Maharani mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Sorong, Papua Barat. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah menanam jagung bersama para petani.

Kegiatan menanam jagung dilakukan di Kawasan Jalan Rajawali, Kelurahan Klamesen, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Senin (4/10/2021). Ada delapan hektare lahan yang ditanami jagung hari ini dari target 40 Ha yang akan ditanami bibit jagung secara bertahap.

Selain Puan, Jokowi didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pada acara tanam jagung bersama petani di Sorong itu. Puan terlihat mengenakan kaus merah dengan jaket sporty hitam dan sepatu kets saat menaman bibit jagung memakai alat tanam khusus.

Puan juga ikut mendampingi Jokowi saat berbincang dengan para petani jagung. Setelah menebar bibit, Puan bersama Jokowi dan Mentan Syahrul Yasin Limpo membeli jagung rebus di warung pinggir jalan milik warga di dekat lokasi penanaman bibit.

"Enak ini. Dibungkus juga ya, yang mateng aja,” kata Puan kepada penjual sambil menjajal jagung rebus.

Sambil jajan jagung, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut pun menyempatkan menyapa warga. Puan juga meladeni permintaan foto bareng sejumlah warga.

“Ibu Puan sehat-sehat. Sampai ketemu lagi,” ujar salah satu warga yang dijawab ucapan terima kasih oleh Puan.

Mengenai kegiatan menanam jagung bersama petani, Puan berbicara mengenai diversifikasi pangan. Hal ini mengingat beragamnya jenis pangan Indonesia yang seharusnya membuat asupan makan masyarakat Indonesia juga beragam.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...