PILIHAN REDAKSI

Laporan Ditolak Polda Banten, LQ Indonesia Lawfirm Ragukan Komitmen Kepolisian Tindak Oknum Polisi Smackdown Mahasiswa

BENTENGSUMBAR.COM - LQ Indonesia Lawfirm yang sejak 3 minggu lalu menjadi pelopor adanya modus Oknum POLRI terutama di Fismonde...

Iklan Bank Nagari

Sim Salabim Adakadabra... Tiba-Tiba Anggaran Formula E Jadi Lebih Murah

          Sim Salabim Adakadabra... Tiba-Tiba Anggaran Formula E Jadi Lebih Murah
BENTENGSUMBAR.COM - Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra mengungkapkan adanya kejanggalan terkait murahnya biaya hajatan balap mobil listrik Formula E.

Kejanggalan tersebut melibatkan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) total pengeluaran saat itu mencapai triliunan rupiah, dan saat ini hanya Rp336,67 miliar per tahun.

"Waktu minta anggaran APBD biayanya mahal banget, tapi saat pakai uang swasta kok jadi murah banget? Ini jelas ada yang janggal dengan pengelolaan anggaran Formula E," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 29 September 2021 kemarin. 

Dalam anggaran tersebut mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mempublikasikan commitment fee Rp560 miliar yang bisa digunakan untuk 3 tahun, yaitu 2022 dan 2024.

Rata-rata commitment fee yang dibayar menjadi 186,67 miliar, biaya penyelenggaraan Rp 150 miliar per tahun dan tidak dipungut biaya bank garansi.

Padahal dari kajian kelayakan yang diajukan pada pembahasan APBD 2020, Pemprov DKI membayar commitment fee Rp360 miliar untuk tahun 2019 dan biaya pelaksanaan mencapai Rp 344 miliar ditambah bank garansi Rp 423 miliar.

Total biaya yang harus dibayar Pemprov DKI mencapai 1,13 triliun per tahun. Informasi yang dibuat Pemprov DKI terkait diskon besar-besaran biaya Formula E itu, menurut Anggara, justru menunjukan ada bau busuk dalam penyelenggaraan tersebut.

"Saat pembahasan APBD 2020, Pemprov DKI meminta anggaran Formula E Rp 1,13 triliun. Lalu setelah ditegur BPK, sekarang biayanya direvisi menjadi Rp 336,67 miliar. Itu berarti, ada percobaan mark up anggaran sebesar Rp 790,73 miliar," tutur Anggara dinukil Kompas.com.

Kontan saja, kabar tersebut membuat netizen langsung beraksi. Seperti dilihat, dalam akun Facebook Mak Lambe Turah. 

MLT: “Sim salabim adakadabra...datanglah Nirmala dan tongkat ajaib...eh ko nirmala...si sirik kali.”

Gono Bae: “Duit negara kok malah dibuat main2 sama anies baswedan....wikwikkk.” (Wartaekonomi)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...