PILIHAN REDAKSI

Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360

BENTENGSUMBAR.COM - Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360...

Advertorial

10 Prodi UNU Sumbar Terakreditasi, Ketum PBNU Akan Kunjungi UNU Sumbar

          10 Prodi UNU Sumbar Terakreditasi, Ketum PBNU Akan Kunjungi UNU Sumbar
10 Prodi UNU Sumbar Terakreditasi, Ketum PBNU Akan Kunjungi UNU Sumbar
BENTENGSUMBAR.COM - Sebanyak 10 program studi yang ada Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat sudah terakreditasi. Masing-masing tiga program studi pada jurusan Fakultas Teknik, empat program studi Fakultas Sosial dan Humaniora dan 3 program studi Fakultas Sains.

Demikian diungkapkan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Barat Prof. Ganefri, Ph.D pada pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama Kabupaten Pesisir Selatan, Ahad (14/11/2021) di aula Kakamenag Pesisir Selatan, Painan. 

Menurut Ganefri yang juga  Ketua BPP UNU Sumbar, sebelum diambil-alih dari pengurus sebelumnya, kampus UNU Sumbar berada di pinggir Kota Padang. Alhamdulillah sekarang kampus UNU Sumbar sudah dipusat kota, yakni di jalan S. Parman Padang.

Dikatakan Ganefri, selama kurang lebih empat tahun, akreditasi UNU Sumbar tidak jelas. Kini semua prodi sudah terekreditasi. Masing-masing prodi di Fakultas Teknik adalah Teknik Informatika, Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi. Fakultas Sosial dan Humaniora prodi Ekonomi Islam, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggis.

Fakultas Sains prodi Agrobisnis, Manajemen Sumberdaya Perairan dan Budidaya Perairan. Semua prodi yang dikembangkan UNU ini termasuk bagus untuk menghasilkan sarjana di bidangnya. 

“Keluarnya akreditasi UNU Sumbar ini, mendapat pujian dari mantan Menteri Pendidikan Muhammad Nuh. Karena prestasi BPP UNU Sumbar dalam menyiapkan bahan dan proses akreditasi tersebut. Karena itu,  PWNU mengajak warga NU khususnya dan masyarakat di Sumatera Barat untuk melanjutkan pendidikan anaknya ke perguruan tinggi UNU Sumbar. Anak-anak warga NU bisa masuk UNU dengan beasiswa KIP kuliah,” kata Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang ini.

Dikatakan Ganefri, tingkat pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan masih di bawah rata-rata Sumatera Barat. Pendidikan sangatlah penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pendidikan yang  baik akan menghindarkan seseorang dari kemiskinan. Karena itu, jangan biarkan anak-anak kita tidak sekolah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Yang sangat penting ditumbuhkan kepada anak-anak adalah semangat belajar dan sekolah. Soal biaya sekolah saat ini tidak menjadi masalah asal anak memiliki semangat belajar. 

“Banyak beasiswa yang bisa membantu anak-anak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” kata Ganefri menambahkan.

Kepada warga NU, kata Ganefri, silakan kuliah di UNU. Kehadiran UNU terutama menampung tamatan SMA/pesantren/SMK yang mengajarkan nilai-nilai pemahaman keagamaan Islam Ahlussunnah Waljamaah an-Nahdiyah. Jika UNU Sumbar besar, maka NU di Sumatera Barat juga turut menjadi besar. 

“Insya Allah, Sabtu  (27/11) depan Ketua Umum PBNU Prof. KH Said Aqil Siradj akan meninjau kampus UNU Sumbar. Kedatangan Said Aqil Siradj melihat perkembangan dan kemajuan yang sudah dicapai UNU Sumbar,” kata Ganefri.

Laporan: Bagindo Armaidi Tanjung
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...