PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Balas Anwar Abbas, Yusuf Muhammad: Saya Usul Rocky Gerung Gantikan Dia di MUI

          Balas Anwar Abbas, Yusuf Muhammad: Saya Usul Rocky Gerung Gantikan Dia di MUI
Balas Anwar Abbas, Yusuf Muhammad: Saya Usul Rocky Gerung Gantikan Dia di MUI
BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial, Yusuf Muhammad membalas pernyataan Wakil Ketua MUI Anwar Abbas yang mengkritik cara Densus 88 menangani terduga teroris.

Yusuf Muhammad lewat cuitannya di Twitter, Jumat 19 November 2021, awalnya membagikan video pernyataan Anwar Abbas yang mengkritik car Densus 88 menangani terduga teroris.

Dilihat dari video tersebut, tampak Anwar Abbas mulanya mengungkapkan masalah Densus 88 saat menangani terduga pelaku terorisme.

Menurut Anwar, salah apabila Densus 88 sebelumnya membiarkan orang-orang terduga teroris itu kemudian menangkap mereka.

Padahal, aparat sudah sejak lama mendeteksi orang tersebut berpaham radikal.

“Bagi saya, masalah Densus ini dia sudah mendeteksi ada orang yang punya paham terorisme, dibiarkan terus sampai ditangkap. Kalau saya tidak begitu cara mengurus negara,” kata Anwar.

Seharusnya, menurut Anwar, aparat yang sudah mendeteksi adanya pihak diduga terlibat teroris mengajak yang bersangkutan untuk berdiskusi dan berdialog.

“Kalau ada orang yang punya pandangan bertentangan dengan Pancasila, didekatin. Diajak berdiskusi, diajak berdialog, sehingga radikalitas mereka bisa menurun. Tapi ini kan tidak begitu cara penanganannya,” jelasnya.

Menanggapi pernyataan Anwar Abbas tersebut, Yusuf Muhammad pun menegaskan bahwa tugas Densus 88 bukan membina teroris melainkan menindak pelaku teror.

“Tugas Densus 88 itu bukan membina teroris atau membina umat, tapi tugas Densus mengantisipasi dan menindak pelaku terror!,” tegasnya.

Menurutnya, harusnya yang membina orang-orang yang berpaham radikal itu adalah Anwar Abbas selaku pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Harusnya yang tugasnya membina umat itu Anda, tapi kenapa statemen Anda justru sering memberikan angin segar bagi para teorris?,” ujar Yusuf.

Ia pun menilai kritikan Anwar Abbas tersebut cacat logika. Pasalnya, kata Yusuf, petinggi MUI itu malah mengibaratkan tugas Densus 88 seperti tugas polisi lalu lintas.

“Cacat logika! Masa tugas densus dianalogikan sama tugas polisi lalulintas,” tuturnya.

Jika cara berpikir Anwar Abbas seperti itu, maka Yusuf Muhammad mengusulkan agar sebaiknya Anwar digantikan oleh Rocky Gerung sebagai wakil ketua umum MUI.

“Kalau begini sih saya usul mending Rockyy Gerung aja yang gantikan Anwar Abbas jadi wakil ketua umun MUI!,” ujarnya. (Terkini)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...