Bersama Ketua DPRD, Bupati Resmikan Rumah Baca Tan Malaka

BENTENGSUMBAR.COM - Seiring dengan dicanangkannya Bulan Bahasa dan Sastra oleh Kemendikbudristek, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo meresmikan Rumah Baca Tan Malaka di UPTD SMP Negeri 2 Kecamatan Suliki, pada Selasa, 2 November 2021.

Rumah baca ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM yang berbudaya dan berdaya saing serta berlandaskan keimanan sesuai visi misi daerah Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UPTD SMP Negeri 2 Kecamatan Suliki yang telah mendirikan rumah baca untuk meningkatkan kemampuan literasi para siswa.

"Buku adalah jendela ilmu, semoga ini akan meningkatkan minat baca siswa dalam rangka menuju masyarakat yang literasi. Untuk itu, mari selalu kembangkan ide dan gagasan dalam meningkatkan SDM anak bangsa di Limapuluh Kota," ajak Safruddin. 

Bupati yang merupakan mantan Anggota DPRD provinsi itu menilai, pendirian rumah baca Tan Malaka ini merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan literasi siswa, terlebih di era digital saat ini yang membutuhkan kemampuan memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dan didapat dari sumber yang beragam.

Untuk itu para siswa dihimbau harus bijak dalam mengelola dunia digital terutama penggunaan smarthphone dengan pemahaman yang kritis dan kreatif, dalam menghadapi perkembangan teknologi yang akan semakin maju dan tidak terbatas.

"Andai kata kita tidak mampu mengelola dunia digital dengan baik, filter utamanya adalah kembali kepada ajaran agama yaitu AL Quran dan Sunnah. Kita akan melahirkan generasi yang berilmu, beriman, serta tau dengan adat istiadat. Mari jaga anak kita, jangan sampai lost Control," himbau Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra S. Si mengatakan bahwa ini merupakan sebuh langkah maju dalam meningkatkan minat baca siswa di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Kita mengucapkan terimakasih, ini patut dicontoh oleh sekolah-sekolah lain. Membaca merupakan pintu gerbang ilmu pengetahuan," ucap Deni.

Dalam menunjang hal tersebut, Deni Asra mengaku akan mensuport program Bupati dalam memperkuat dunia pendidikan dan kesehatan untuk mencetak generasi tangguh di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Dengan semua koordinasi yang kita laksanakan, mudah mudahan RPJMD yang telah kita sepakati secara bersama dapat berjalan dengan baik dan terarah. Kami ingin mewariskan sebuah daerah yang baik bagi generasi kita. Mewariskan generasi yang tangguh, generasi yang kuat iman dan taqwanya serta memahami ilmu dan pengetahuan dan teknologi," tukasnya.

Dalam sambutannya, Bunda Literasi Kabupaten Limapuluh Kota, Nevi Safaruddin berharap rumah baca Tan Malaka ini bisa menjadi pioner bagi sekolah sekolah lain, sehingga budaya literasi bisa lebih menyeluruh di Labupaten Limapulih Kota.

"Mari budayakan membaca, untuk masa depan gemilang dan tangguh," tuturnya. 

Selain Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, beserta Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra S. Si dan Wendi Chandra, serta Bunda Literasi Labupaten Limapuluh Kota, Nevi Safaruddin, hadir pada kesempatan itu Kadis Pendidikan, Indrawati M. Mpd, Asisten II, Fitma Indrayani, SH, Camat Suliki beserta forkopimca, Wali Nagari Suliki, serta Kepala sekolah se Kabupaten Limapuluh Kota.

Laporan: Hermiko

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »