Jenderal Andika Perkasa Terpilih Jadi Panglima TNI, Pengamat Politik Ungkap Peran Buzzer dan Influencer Pendukung Jokowi

BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat politik digital Bambang Arianto, menilai terpilihnya Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI sudah bisa diprediksi jauh-jauh hari.

Menurut peneliti media sosial Institute for Digital Democracy (IDD) bahwa Jenderal Andika Perkasa bisa dikatakan sebagai sosok kesayangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan relawan pendukung Jokowi.

Hal itu bisa dilacak dari banyaknya akun-akun media sosial pendukung presiden Jokowi yang selama ini terdeteksi mengunggah konten Jenderal Andika Perkasa.

"Ketika saya melakukan profiling terhadap akun-akun media sosial pendukung Presiden Jokowi, banyak ditemukan akun buzzer maupun influencer yang terlacak mengunggah konten Jenderal Andika Perkasa," ungkap Bambang, Kamis, 4 November 2021.

Padahal, selama ini akun-akun media sosial tersebut bertugas untuk mempromosikan program kerja Indonesia Maju kepada warganet.

"Apakah konten ini berbayar atau spontanitas itu bukan menjadi persoalan," ujarnya. 

Tapi dalam konteks demokrasi digital, gerakan akun-akun media sosial ini bisa diduga bahwa ini suatu sinyal dukungan dari pendukung Presiden Jokowi agar Jenderal Andika Perkasa terpilih menjadi Panglima TNI.

"Artinya, dari profiling akun media sosial saja, kita bisa mencermati gerak gerik seorang figur," lanjutnya.

Sebab bagaimanapun di era demokrasi digital, manajemen konten bisa dilacak sebagai suatu langkah pemanasan atau “tes ombak”.

Pasalnya manajemen konten ini ditujukan untuk meredam gejolak publik sejak dini dan tentunya agar warganet bisa beradaptasi pelan-pelan dengan suatu kebijakan yang akan digulirkan. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »