Bisa Berbuntut Panjang, Polisi Harus Panggil Anwar Abbas

BENTENGSUMBAR.COM - Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando EMaS meminta kepolisian segera memanggil Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas.

Hal itu buntut dari pernyataan kontroversialnya yang menyebut jika MUI dibubarkan, Republik Indonesia pun bisa dibubarkan.

"Pernyataan Anwar Abbas mengenai Republik Indonesia dibubarkan untuk menanggapi permintaan pembubaran MUI memperkeruh suasana," kata Fernando, dilansir dari GenPI.co, Ahad, 21 November 2021.

Fernando mengatakan, pihak berwenang sebaiknya memanggil Anwar Abbas untuk mendalami pernyataannya tersebut.

Sebab, sangat tidak sebanding ketika Anwar Abbas meminta Republik Indonesia dibubarkan atas permintaan sebagian masyarakat yang menuntut MUI dibubarkan.

"Anwar Abbas harus ingat, bahwa MUI merupakan salah satu organisasi para ulama yang ada di Indonesia," katanya.

Fernando menyarankan pihak berwajib segera memanggil Anwar Abbas. Selain itu, pihak MUI pun diminta mengambil tindakan tegas terhadap pernyataan Anwar Abbas.

"Pernyataan Anwar Abbas sangat berbahaya dan berpotensi untuk memecah belah karena tidak memahami tentang posisi negara dan organisasi," katanya. 

Meskipun demikian, Fernando mengatakan dirinya pun tak serta merta setuju jika MUI dibubarkan hanya karena ada anggotanya yang terduga teroris.

Sebab, perlu proses dan alasan yang kuat untuk mengajukan sebuah organisasi dibubarkan.

"Adanya seruan sebagian orang yang meminta MUI dibubarkan, tentunya tidak segampang itu," katanya.

Menurutnya, penangkapan oleh Densus 88 terhadap salah satu pengurus MUI akibat terlibat teroris belum bisa menjadi alasan yang kuat membubarkan MUI. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »