PILIHAN REDAKSI

Gugatan Syafrial Kani cs Ditolak PN Padang, Pengurus KAN Pauh IX Lega: Ini Demi Marwah Nagari

BENTENGSUMBAR.COM - Akhirnya Pengadilan Negeri Padang memutuskan menolak gugatan yang dilayangkan Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi dan Zulhen...

Advertorial

Dosen Telkom University dan Dinas KUKM Kota Bandung Gelar Pelatihan Presentasi Bisnis Bagi Pelaku UKM

          Dosen Telkom University dan Dinas KUKM Kota Bandung Gelar Pelatihan Presentasi Bisnis Bagi Pelaku UKM
Dosen Telkom University dan Dinas KUKM Kota Bandung Gelar Pelatihan Presentasi Bisnis Bagi Pelaku UKM
BENTENGSUMBAR.COM - Untuk menarik calon konsumen hingga investor secara tepat, para pelaku usaha mikro tentu membutuhkan kemampuan berbicara dan presentasi bisnis yang menarik sehingga mampu menjangkau target sasaran dengan baik. Guna mencapai hal tersebut, dosen-dosen prodi Digital Public Relations Telkom University bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung mengadakan pelatihan “Pengembangan Keterampilan Public Speaking dalam Presentasi Bisnis” secara onsite di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung (18-24/11).

“Dengan adanya pengetahuan, keterampilan berbicara dan presentasi bisnis yang mumpuni bagi para pelaku UKM, maka sangat memungkinkan produk yang sudah mereka olah dan hasilkan dapat lebih banyak diketahui oleh masyarakat luas hingga dapat menjangkau target konsumen mereka dengan tepat sasar,” ujar Anisa Diniati selaku ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Telkom University.

Kepala Seksi Pengembangan Usaha Mikro Rikrik Sukmanurrakhmi, S.H juga menyampaikan harapannya kepada para peserta agar pelatihan yang diadakan selama bulan November ini dapat meningkatkan kemampuan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya di bidang masing-masing.

“Pelatihan ini diadakan untuk membantu meningkatkan kemampuan pelaku UMKM kota Bandung dalam menjalankan bisnisnya, salah satunya melalui peningakatan kemampuan komunikasi terutama dalam presentasi bisnis,” ungkap Rikrik dalam sambutan hangatnya.

Kegiatan yang diselenggarakan mulai tanggal 18 hingga 24 November ini dihadiri oleh sejumlah pelaku usaha mikro yang berasal dari binaan setiap kecamatan di kota Bandung. Menariknya, produk-produk yang diproduksi oleh para pelaku usaha dipamerkan selama acara berlangsung, sehingga antar peserta bisa saling memperkenalkan produknya.

Antusiasme peserta juga terlihat dari interaksi dengan para narasumber selama sesi pelatihan berlangsung.

Dalam pemaparan materinya, Dr. Sri Dewi Setiawati memberikan tips bahwa untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat berkomunikasi dengan konsumen, maka kemampuan komunikasi yang baik adalah kuncinya.

“Kompetensi komunikasi menjadi syarat keberhasilan dalam menjalankan bisnis bagi pelaku UMKM. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka dapat menumbuhlan kepercayaan diri dan mempermudah kita dalam mempresenasikan produk kita kepada konsumen,” kata Dewi.

Tidak hanya keterampilan dalam berkomunikasi, Moch Armien Syifaa, M.I.Kom. selaku narasumber juga menyampaikan bahwa salah satu trik bagi pelaku UMKM untuk bisa berhasil menjalnkan bisnisnya adalah melakukan kolaborasi dengan brand lainnya, sehingga terjadi sharing market atau berbagi pasar. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...