Pembinaan Usia Pra Lansia Agar Tetap Produktif

BENTENGSUMBAR.COM - Siang hari yang terik tidak memupuskan semangat ibu ibu pra lansia  di daerah seberang kobayan jalan siti nurbaya untuk mengikuti pelatihan memasak kue yang diadakan oleh tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Andalas yang di wakili langsung oleh Koordinator Program Studi,  Fakultas Ilmu Keperawatan Unand. Dr. Rika Sabri.,S.Kp., M.Kes.Sp.Kep.Kom, Senin, 15 November 2021.

Kegiatan rutin pengabdian masyarakat ini mengambil tema " pemberdayaan kelompok usia pra lansia menuju usia lansia agar hidup sehat dan bahagia". Kegiatan yang dilakukan selama 2 hari ini diikuti oleh sekitar 30 orang yang terbagi dalam 3 kelompok ibu ibu.

Rika Sabri menuturkan kegiatan di hari pertama diisi dengan edukasi mengenai kesehatan dan persiapan usia pra lansia menuju usia lansia.

"Topiknya itu bagaimana menghadapi perubahan pada usia menjelang lansia baik secara fisik maupun psikologis sehingga mental dan jasmani tetap stabil di usia lansia," tutur Rika.

Lebih lanjut Dosen Ilmu Keperawatan Unand ini berharap dengan ada nya kegiatan ini ada output yang didapat yaitu bagaimana nantinya ibu ibu disaat usia lansia bisa mandiri tidak tergantung pada orang lain karena memiliki sudah keterampilan sendiri.

"Sehingga pada usia lansia, mereka bisa tetap produktif, mandiri dan tetap memiliki semangat yang tinggi dalam melakukan semua aktifitasnya," ujarnya.

Adapun alasan Rika memilih lokasi tersebut sebagai tempat pemberdayaan ibu ibu usia pra lansia adalah karena tempat itu sejak tahun  2009 sudah termasuk wilayah binaan Ilmu Keperawatan Unand. 

"Mengingat masyarakat disini selalu antusias dan semangat untuk mengikuti pembinaan dari kita, mulai dari anak balita sampai sekarang pra lansia, menarik sih, semangat mereka luar biasa dan selalu mau belajar". tutur Rika.

Salah satu peserta pemberdayaan pengabdian masyarakat, ibu Venny mengatakan sangat senang sekali dengan kegiatan ini karena banyak ilmu dan wawasan yang didapat secara gratis dari ahlinya.

"Saya sangat senang dengan kehadiran ibu Rika disini mau memberikan kami ilmu dan pengetahuan yang sangat bermanfaat sekali terutama mengajarkan bagaimana membuat kue pai fla ini sehingga bisa juga untuk menambah nambah pemasukan nantinya," ujar Venny.

Laporan: Novrianto Ucoxs

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »