Pengamat Kebijakan Publik: Cyber Army Picu Timbulkan Konflik Agama

BENTENGSUMBAR.COM - Menurut Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Wacth, Amir Hamzah menyebutkan rencana pembentukan Cyber Army untuk menangkal Buzzer terhadap pemberitaan hoax Anies Baswedan oleh MUI DKI dapat memicu terjadinya konflik agama.

"Ya bisa saja itu terjadi nantinya, karena akan timbul penafsiran-penafsiran dari kelompok -kelompok agama lainya yang mempertanyakan kenapa Anies saja," ujarnya kepada Poskota, Kamis, 25 November 2021  malam.

Menurutnya, rencana Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta untuk melindungi Anies dari Buzzer bukanlah bagian dari fungsi dan tugas lembaga keagamaan tersebut.

"Kalau pun memang ingin membuat tim siber cukuplah pada wilayah keagamaan, seperti halnya bila adanya pemberitaan tidak benar atau hoax tentang ajaran-ajaran Islam. Tidak pada sosok pribadi, Pak Anies," paparnya.

Amir pun mnduga, adanya korelasi terkait dana hibah tahun 2022 senilai Rp10,6 miliar yang diberikan Pemprov DKI Jakarta untuk MUI DKI . Sehingga, seolah menjadi tanggung jawab untuk membentuk Cyber Army untuk membela Anies Baswedan.

"Kalau dikaitkan pemberian dana hibah ini kan, tentu terkesan MUI DKI ingin berterima kasih kepada Anies. Hanya bentuknya tidak seperti itu juga, lakukan saja yang sewajarnya tidak berlebihan," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta berencana membentuk tim siber.

Tim ini nantinya bertugas untuk melawan buzzer (pendegung) yang menyerang ulama dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Serangan bahkan fitnah terhadap ulama dan Anies Baswedan dianggap sudah keterlaluan.

Ketua Umum MUI DKI Jakarta Munahar Muchtar dalam arahannya berharap Infokom MUI DKI Jakarta bisa melawan para buzzer yang dianggap telah meresahkan umat Islam.

Munahar berharap Infokom MUI DKI Jakarta memiliki ahli siber untuk melawan orang-orang yang menghantam umat Islam.

Ia menegaskan, hal itu sesuai tugas MUI untuk menegakkan yang benar dan melarang yang salah atau amar ma’ruf nahi mungkar. (Poskota)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »