Wagub Minta Bupati/Walikota Tingkatkan Perhatian untuk Sanitasi

BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengajak bupati dan wali kota untuk meningkatkan perhatian dalam pengelolaan sanitasi dan perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat.

"Terkait sanitasi pemerintah telah melaksanakan program lima pilar diantaranya stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan di rumah, pengelolaan sampah rumah tangga dan dan pengelolaan limbah cair yang harus dipedomani di daerah untuk menciptakan kota sehat," katanya saat menyerahkan penganugerahan penghargaan Kabupaten/Kota Tingkat Nasional, Penghargaan tingkat Provinsi Sumbar Stop BABS dan STBM Award TPP yang menerapkan protokol kesehatan dan terminal sehat tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2021 di Auditorium, Kamis, 25 November 2021.

Ia mengatakan penerapan lima pilar tersebut penting untuk dilakukan guna memutuskan mata rantai penyakit secara total seperti diare berulang yang menjadi faktor penyebab stunting sehingga mudah sakit dan pertumbuhan terganggu. 

"Saat ini Sumbar baru memiliki akses jamban sehat sebanyak 74,4 persen. Artinya masih ada 25,6 persen yang belum punya jamban sehat. Kondisi ini menempatkan Sumbar menjadi provinsi tiga terbawah yang memiliki jamban sehat di Indonesia," katanya.

Karena itu, katanya, sanitasi harus terus menjadi salah satu perhatian pada setiap kabupaten dan kota. 

Pada kesempatan itu ia juga memberikan apresiasi kepada orang dan daerah yang mendapatkan penghargaan.

Sementara itu Direktur kesehatan lingkungan Kemenkes RI, drg. Vensya Sitohang, M.Epid yang hadir secara virtual mengatakan penghargaan yang diberikan bertujuan untuk memotivasi seluruh lapisan masayarakat untuk dapat mewujudkan Indonesia Stop Buang Air Besar Sembarangan pada 2024. (Budi)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »