Wako Payakumbuh: NU Organisasi yang Sangat Jelas, Organisasi Besar, Berdiri Jauh Sebelum Kemerdekaan NKRI

BENTENGSUMBAR.COM - Konferensi Cabang (Konfercab) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Payakumbuh berhasil memilih Drs. H. Ramza Husmen, M.Pd sebagai Rais Syuriah dan H. Mustafa, MA sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Payakumbuh masa khidmat 2021-2026. Keduanya terpilih pada Konfercab PCNU Payakumbuh, Senen, 8 November 2021, di aula Balaikota Payakumbuh.

Konfercab dibuka Wali Kota Payakumbuhh Reza Pahlevi, dihadiri Ketua Tanfidziyah PWNU Sumbar Prof. Ganefri, Ph.D, Ketua Caretaker PCNU Payakumbuh Hujaipah Dalimunthe, utusan 5 Majelis Wakil Cabang (MWC) di Kota Payakumbuh.

Ketua PWNU Sumbar Ganefri dalam arahannya menyebutkan, siapa pun yang terpilih menjadi pimpinan PCNU Kota Payakumbuh merupakan yang terbaik dalam mengurus NU Payakumbuh lima tahun ke depan.

Karena itu, kader NU yang dipercaya menjadi pengurus NU Kota Payakumbuh  harus mampu bermitra dengan Pemerintah Kota Payakumbuh. NU harus bermitra dengan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam membangun umat ke arah yang lebih baik.

“NU terus berkhidmat untuk kepentingan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salah satu caranya adalah bermitra dengan pemerintah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan. NU dalam gerakan, pemikiran dan amaliahnya selalu menjaga nilai-nilai toleransi dan berada di tengah-tengah,” kata Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang ini.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Payakumbuh Reza Pahlevi yang menyatakan Pemko Payakumbuh siap berkerja sama dan bermitra dengan NU membangun Kota Payakumbuh. Pemko Payakumbuh sangat mendukung kegiatan NU. Buktinya hari ini kita laksanakan Konfercab di aula Balaikota Payakumbuh.

“NU merupakan organisasi yang sangat jelas, organisasi besar, berdiri jauh sebelum kemerdekaan NKRI. NU bisa berperan lebih banyak dalam mendidik masyarakat. NU mampu mempengaruhi perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik. Kita prihatin dengan perilaku masyarakat yang terlibat menjadi pencandu narkoba, kriminal dan kejahatan lainnya. Melalui kegiatan NU mudah-mudahan perilaku seperti itu bisa dikurangi,” tutur Reza.

Karena itu, kata Reza,  Pemko Payakumbuh siap melakukan kerja sama dalam membangun Kota Payakumbuh. Lagi pula,membangun Kota Payakumbuh harus bersama-sama. Tidak bisa saya sendiri, hanya ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh semata. Seperti vaksinasi, kini sudah 60 persen masyarakat Payakumbuh sudah divaksin. Hasilnya, yang terpapar covid-19 dratis turun. Sekarang dalam satu minggu, paling 1 orang yang positif. “Keberhasilan itu karena berbagai pihak di Payakumbuh berperan aktif. Termasuk warga NU Payakumbuh di dalamnya,” kata Reza menambahkan.

Ketua Tanfidziyah terpilih Mustafa menyebutkan, program kerja yang mendesak dilakukan adalah konsolidasi organisasi dan mengaktifkan kegiatan rutin NU di Payakumbuh. Selain itu, melaksanakan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) untuk memantapkan gerakan, pemikiran dan amaliah NU di kalangan warga NU di Payakumbuh.
Untuk melengkapi susunan kepengurusan PCNU, ditetapkan tim formatur yang diketuai Rais Syuriah terpilih Ramza Husmen, Sekretaris Mustafa (Ketua Tanfidziyah terpilih), Sofia Hamdani (perwakilan MWCNU), Wizri Yasir (PCNU) dan Armaidi Tanjung (PWNU Sumbar) masing-masing sebagai anggota. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »