BPBD Kota Pariaman Perkuat KSB, 100 Orang Ikut Penguatan Kelembagaan Bencana

BENTENGSUMBAR.COM - Sepanjang tahun 2021 bencana yang terjadi di Kota Pariaman sebanyak 50 bencana. Bencana tersebut di dominasi   pohon tumbang yang sudah tua, diakibatkan cuaca yang ekstrim. Karena itu BPBD Kota Pariaman mengadakan kegiatan penguatan kelembagaan bencana untuk Kelompok Siaga Bencana (KSB) se-Kota Pariaman. 

Hal tersebut diungkapkan   Kepala BPBD Kota Pariaman Azman usai membuka kegiatan penguatan kelembagaan bencana untuk kelompok siaga bencana se-Kota Pariaman di Aula BPBD Kota Pariaman, Kamis (2/12).

"Kegiatan penguatan kelembagaan bencana ini bertujuan untuk membentuk kepengurusan KSB (kelompok siaga bencana) tingkat Kecamatan dan Kota Pariaman. Dalam membentuk kepengurusan KSB Tingkat Kota Pariaman, diharapkan orang-orang terpilih yang memiliki jiwa sosial dan jiwa kemanusiaan yang tinggi,” ujarnya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati. Waspada dan jangan panik karena cuaca disaat-saat tertentu bisa berubah. Jika hendak berteduh jangan berada di bawah pohon-pohon yang sudah tua. Apabila kita hendak keluar rumah terlebih dahulu memastikan situasi dan keamanan di dalam rumah seperti listrik dan kompor gas karena dalam beberapa hari terakhir ini sering terjadi kejadi kebakaran disekitar kita,” ingat Azman.

Dikatakan Azman, bagi masyarakat nelayan maupun masyarakat umum atau wisatawan diharapkan untuk selalu melihat situasi dan kondisi jika berenang di pantai maupun di pulau yang ada di Kota Pariaman 

Dengan adanya KSB ini nantinya kita akan berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengantisipasi dan menangani bencana yang terjadi maupun yang belum terjadi di Kota Pariaman,  tambahnya.

Peserta dalam kegiatan penguatan kelembagaan bencana tersebut sebanyak 100 orang,  meliputi dari KSB desa/kelurahan se-Kota Pariaman. (FCP/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »