Dampingi Wako Resmikan Jalan Lingkar Baru Kampung Dayak, Irwan Basir Dt Rj Alam Singgung Keserasian Sosial

BENTENGSUMBAR.COM - Walikota Padang Hendri Septa, B.Bus.(Acc), M.I.B didampingi Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengaku bahagia dan menyambut baik atas telah selesainya pembangunan jalan lingkar yang baru dibangun di daerah Kampung Dayak RT.01/RW.05, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Peresmian jalan sepanjang 300 m2 itu diresmikan dan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Asli H. Muhammad Asli Chaidir selaku pemberi bantuan pembangunan jalan melalui dana aspirasinya pada Ahad, 26 Desember 2021.

Seperti diketahui, awal mula pembangunan jalan baru tersebut bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji pada akhir bulan Mei 2021 lalu.

Hal ini pun juga didukung atas kemurahan hati keluarga besar Suko Koto yang ada di daerah tersebut yang rela mewakafkan sebidang tanah yang dimiliki untuk dibangun sebagai jalan umum bagi masyarakat. Selanjutnya turut didukung Anggota Komisi VIII DPR RI Asli H. Muhammad Asli Chaidir.

Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengatakan, kegiatan pembangunan infrastruktur untuk mencegah konflik sosial di lingkungan Kelurahan Pasar Ambacang.

Demi mewujudkan pembangunan infrastruktur itu dibutuhkan semangat gotong royong lantaran Kementerian Sosial (Kemensos) melalui dinas sosial telah menyiapkan sejumlah anggaran pembangunan infrastruktur.

"Banyak konflik sosial yang timbul karena persoalan keterbatasan sarana dan prasarana dasar. Disini tugas forum untuk hadir memberi solusi dan pemerintah menyediakan anggaran untuk kegiatan yang pencegahan konflik.

Menurutnya, keserasian sosial merupakan upaya pencegahan dini terhadap potensi konflik dalam masyarakat. Hal tersebut meliputi terwujudnya kesetaraan ekonomi, pendidikan dan posisi warga didepan hukum.

"Dinsos menginginkan kegiatan keserasian sosial ini melestarikan budaya gotong royong dalam masyarakat," sebutnya.

Karena anggaran dari kemensos hanya untuk pembelian bahan, maka warga akan bekerjasama membangun jalan tersebut.

"Pemerintah hanya menyediakan anggaran untuk bahan, pekerjanya masyarakat sendiri. Nah disitu semangat gotong royongnya," katanya.

Orang nomor satu di DPD LPM Kota Padang mengatakan, bagaimana bersama - sama mencari solusi terhadap permasalahan di tengah masyarakat dan itu adalah program keserasian sosial yang dibawa oleh Anggota Komisi VIII DPR RI H. Muhammad Asli Chaidir. 

"Kepada Bapak Walikota Padang Hendri Septa pada kesempatan ini kami sangat berterima kasih. Banyak hal yang menyakut program - program khususnya di Kecamatan Kuranji dan Kota Padang pada umumnya, beliau telah melaksanakan sesuai kondisi - kondisi yang kita lihat," katanya.

"Semoga Pak Walikota Padang diberikan kesehatan dan umur panjang dan Kota Padang semakin maju di tangan Pak Walikota Padang Hendri Septa, ujarnya Irwan Basir saat diwawancarai oleh awak media Radar Bhayangkara Indonesia, Minggu (26/12/2021) Malam," ujarnya.

Walikota Padang Hendri Septa mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat bersyukur sekali jalan lingkar di Kampung Dayak RT.01/RW.05 ini dapat selesai dibangun dengan baik. 

"Kita mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama warga yang telah menghibahkan tanahnya. Begitu juga terkhusus kepada bapak H. Muhammad Asli Chaidir selaku wakil rakyat kita di DPR RI yang telah memberikan dukungan penuh untuk pembangunan jalan lingkar baru ini," ungkap Wako dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Hendri Septa mengharapkan berkat adanya jalan yang baru dibangun di Kampung Dayak tersebut memberikan multi manfaat bagi masyarakat. 

"Semoga hadirnya jalan ini selain memberikan akses jalan umum juga berdampak terhadap perekonomian warga setempat ke depan," imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI H. Muhammad Asli Chaidir menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat mendukung pembangunan jalan lingkar do daerah Kampung Dayak RT. 01/RW.05 tersebut.

"Alhamdulillah saya bersyukur sekali pembangunan jalan ini selesai dengan baik. Semua berkat doa dan tekad kita bersama tentunya," tuturnya.

Lebih lanjut ia pun juga mengungkapkan, tak sampai di sini selaku wakil rakyat di DPR/MPR RI akan terus berupaya memajukan pembangunan dan mensenjahterakan warga Padang dan Sumbar pada umumnya.

"Insya Allah saya akan terus berupaya membantu untuk pemenuhan kebutuhan warga Padang dan Sumbar. Karena alasan itulah saya berada di Komisi VIII DPR RI," ucapnya.

Adapun dalam peresmian jalan lingkar baru tersebut juga diselingi dengan peresmian Tugu Keserasian Sosial Kampung Dayak serta penyerahan bantuan Alquran bagi warga setempat melalui bantuan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi, Camat Kuranji Eka Putra Buhari, Lurah Pasar Ambacang Syamsu Irwan dan stakeholder terkait lainnya.

Laporan: Dedi Prima

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »