PILIHAN REDAKSI

Tak Kunjung Ada Sekda Defenitif, Gubernur Tunjuk Kepala Biro Organisasi Sebagai Pj Sekda Padang, Begini Kata Arfian

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menunjuk Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Fi...

Advertorial

Surya Paloh Instingnya Cermat, Nasdem Antarkan Anies Jadi Presiden?

          Surya Paloh Instingnya Cermat, Nasdem Antarkan Anies Jadi Presiden?
Surya Paloh Instingnya Cermat, Nasdem Antarkan Anies Jadi Presiden?
BENTENGSUMBAR.COM - Elektabilitas Partai Nasdem kian naik setelah partai pimpinan Surya Paloh ini mengarahkan dukungan pada Anies Baswedan lho. Ini dianggal sebagai insting kuat politikus kawakan, Surya Paloh.

Pengamat politik Tony Rosyid mengungkapkan survei terakhir dari New Indonesia Research and Consulting, elektabilitas Nasdem kian naik, memeper Gerindra dan mengalahkan Golkar.

Nasdem dukung Anies presiden?

Survei terakhir Nasdem, elektabilitas partai tersebut mencapai 9,3 persen, Gerindra 9,6 persen dan Golkar 4,9 persen.

Tony mengatakan naiknya elektablitas Nasdem ini lantaran partai dengan tagline restorasi Indonesia ini mengarah dukungan ke Anies Baswedan.

“Publik sudah mulai memperbincangkan kehadiran Nasdem sebagai pendukung Anies Baswedan. Dengan sinyal dukungan kepada Anies, Nasdem telah mendapat limpahan suara dari pemilih yang kecewa terhadap Gerindra,” kata Tony.

Manuver Surya Paloh mendapat perhatian lantaran mengarahkan dukungan ke Anies. Tony mengatakan Surya Paloh sudah terbukti instingnya itu tepat, dia tepat membaca arah angin politik.

Insting Surya Paloh cermat

Lihat saja, kata Tony, insting Surya Paloh di Pilgub Jawa Barat. Dari awal Nasdem merupakan partai pertama yang mendukung Ridwan Kamil, Sementara partai lain, berpikir aja belum. Banyak pihak lain yang bahkan belum menentukan jadual istikharah. Nasdem malah sudah memberikan dukungan.

Pilpres 2019, Surya Paloh sudah pasang banyak baliho: foto dirinya dan Jokowi ada dimana-mana. Mendukung Jokowi di pilpres 2019, saat parpol lain masih sibuk lobi-lobi.

“Itulah Surya Paloh. Rajin survei, punya insting politik yang kuat, dan berani ambil langkah cepat,” kata Tony.

Insting politik tersebut sampai reka jejak kawakan Surya Paloh ini, kata Tony, menunjukkan Surya Paloh bukan kaleng-kaleng, politikus yang cermat membaca arah politik dan cepat menentukan pilihan.

Tony memperkirakan Nasdem akan makin melambung elektabilitasnya kalau deklarasi dukung Anies capres 2024. Sebab selama ini Anies menjadi magnet dalam efek ekor jas atau coattail effect, Siapa mendukung capres yang sedang naik daun, ia akan ikut naik elektabilitasnya.

“Inilah yang dialami Nasdem. Sebaliknya, siapa yang mengambil posisi sebagai lawan, biasanya berisiko merosot dalam perolehan suaranya,” kata dia. (Hops)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »