Survei Indikator Politik: Prabowo Tertinggi, Ganjar Paling Potensial

BENTENGSUMBAR.COM - Indikator Politik Indonesia menggelar survei terbaru elektabilitas tokoh potensial sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Dengan simulasi 19 nama, elektabilitas Prabowo Subianto masih menjadi yang paling atas.

Prabowo Subianto mendapatkan elektoral sebesar 24,1 persen. Disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 20,8 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 15,1 persen.

"Jadi ruang untuk meningkatkan elektabilitas buat Pak Prabowo sudah maksimum. Karena sudah hampir kenal semua orang sama Pak Prabowo. Sudah dua kali maju," ujar Direktur Indikator Politik Burhanudin Muhtadi dalam saluran YouTube Indikator Politik, Minggu (9/1).

Di bawah Anies Baswedan, ada nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 6,8 persen. Lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,5 persen. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 3,9 persen. Menteri Sosial Tri Rismaharini 3,2 persen.

"Polanya tidak berubah, masih tiga nama yakni Prabowo, Ganjar, dan Anies yang elektabilitasnya mencapai dua digit," ungkapnya.

3 Nama Teratas

Tidak hanya 19 nama, indikator politik juga memberikan simulasi kepada respon untuk tiga nama teratas yaitu Prabowo, Ganjar dan Anies Baswedan. Hasilnya Prabowo Subianto masih di posisi teratas yaitu 34,5 persen.

"Simulasi 3 nama, Ganjar, Prabowo dan Anies. Elektabilitas pak Prabowo 35,4 persen, Ganjar 31,6 persen, Anies 24,4 persen. Tetapi kalau tingkat mengenal Ganjar 46,1 persen, Anies 26,1 persen dan Prabowo 23,8 persen. Ini artinya kalau ditingkat kenal, elektabilitas Ganjar melejit. Sama-sama kenal, Ganjar paling potensial," ungkapnya.

Untuk diketahui, indikator Politik Indonesia melakukan survei tatap muka pada 6-11 Desember 2021.

Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 1.220 orang. 

Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Merdeka)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »