Wisata Sawah Desa Pauh Timur Pariaman, Tak Sampai Sebulan Jual Tiket Rp 14 Juta

BENTENGSUMBAR.COM - Untuk mendukung program Pemerintah Kota Pariaman dibidang pariwisata, Desa Pauh Timur Kecamatan Pariaman Tengah telah membuka destinasi wisata baru di Dusun  Kampung Sato, yaitu destinasi wisata sawah  yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Al Fajar.

Wisata Sawah yang diresmikan  Walikota Pariaman Genius Umar pada  30 Desember 2021 lalu, sampai saat ini sudah banyak didatangi oleh pengunjung yang ingin mengetahui seperti apa Wisata Sawah tersebut. Juga ingin mengabadikan kedatangan mereka ke sana dengan berswafoto dengan berbagai latar.

“Hari pertama wisata sawah dibuka   31 Desember 2021, tiket yang berhasil terjual sejumlah 100 tiket dengan harga tiket  5 ribu per orang. Setiap harinya jumlah kedatangan pengunjung terus meningkat. Hingga saat ini setelah dikalkulasikan jumlah uangnya, sudah terkumpul sekitar Rp 14 juta  dari hasil penjualan tiket,”  ungkap Direktur Bumdes Al Fajar Idryan di lokasi wisata sawah, Sabtu (15/1).

Ryan menjelaskan, ini baru tahapan pertama dari wisata sawah yang mereka jual kepada pengunjung. Rencananya setiap bulan mereka akan menghadirkan spot lainnya di lokasi wisata sawah. Seperti di bulan Februari mendatang Bumdes Al Fajar kembali akan membuat kolam bola untuk tempat main anak-anak, dan  kolam ikan tempat memancing.

Selain itu mereka juga akan membuat terowongan untuk tempat swafoto dengan konsep terowongan sarang burung yang juga dihiasi dengan lampu warna warni. Kemudian di bulan Maret mereka juga berencana akan membuat cafe mini dengan menyediakan makanan dan minuman, juga akan dibangun fasilitas ibadah seperti tempat sholat dan  toiletnya.

Lebih lanjut Ryan menjelaskan,   saat ini kami juga menyediakan fasilitas untuk pengunjung yang ingin mengadakan arisan, rapat, atau sekedar  tempat ngumpul-ngumpul bagi mereka  di wisata sawah. Selain itu mereka  bisa berkaraoke dan  dihibur dengan atraksi kesenian tradisional dari Desa Pauh Timur. Apabila mereka minta disediakan makanan kami juga akan memfasilitasinya.

“Fasilitas lainnya yang kami berikan kepada pengunjung adalah dengan tidak memungut uang parkir mereka alias gratis. Pengunjung yang datang di malam hari akan disambut dengan memberikan minuman wedang jahe gratis buat mereka agar tidak masuk angin,”  ujar Ryan.

Selain sebagai tempat kunjungan wisata, ke depannya wisata sawah juga akan dijadikan sebagai kunjungan wisata edukasi bagi anak-anak TK dan SD yang ada di Kota Pariaman ini. Dengan sarana prasarana edukasi yang disediakan buat mereka.

“Jika berkenan nantinya, kami ingin lokasi ini dijadikan sebagai tempat acara MTQ Tingkat Kecamatan yang akan digelar pada bulan suci ramadhan mendatang. Tentu saja hal ini akan terjadi jika disetujui oleh Camat Pariaman Tengah dan Pemerintah Kota Pariaman,” pinta Ryan.

Ryan menegaskan, dengan adanya Bumdes Wisata Sawah ini, ke depannya akan bisa membantu masyarakat sekitar untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga mereka.  (tachi/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »