PILIHAN REDAKSI

Mengejutkan, Ratusan Santri Madura Tolak UAS Ceramah di Sumenep Madura

BENTENGSUMBAR.COM - Aliansi santri Madura yang tergabung dalam Gerakan Santri Madura melakukan aksi demonstrasi untuk menolak k...

Advertorial

Heboh Cara Salat Pendemo Menag Yaqut yang Janggal, Mahfud MD Beri Penjelasan: Dalam Fiqh Ibadah Islam Memang Ada Kok...

          Heboh Cara Salat Pendemo Menag Yaqut yang Janggal, Mahfud MD Beri Penjelasan: Dalam Fiqh Ibadah Islam Memang Ada Kok...
Heboh Cara Salat Pendemo Menag Yaqut yang Janggal, Mahfud MD Beri Penjelasan: Dalam Fiqh Ibadah Islam Memang Ada Kok...
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD angkat suara soal heboh tata cara salat pendemo Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang dianggap janggal dan belakangan menjadi viral di media sosial.

Menurut Mahfud, di fiqh ibadah dalam Islam memang ada jenis salat dengan dua kali ruku' dan dua kali sujud. Yakni salat gerhana.

"Kok ada ribut2 mempersoalkan orang salat dgn 2 kali ruku’? Di fiqh ibadah dlm Islam memang ada kok jenis salat yang pakai 2 kali ruku’ dan 2 kali sujud. Yakni salat gerhana (shalat khusuf). Kalau sdng gerhana memang disunnahkan salat dgn ruku’ dan sujud masing2 2 kali. 🙏🏻🤣," cuit Mahfud di akun twitter @mohmahfudmd, seperti djlihat BentengSumbar.com pada Ahad, 6 Maret 2022.

Sebelumnya, sebuah video sekelompok orang yang tengah melaksanakan salat berjamaah di jalan raya viral di media sosial, lantaran gerakan salat salah satu makmumnya terlihat berbeda dari gerakan salat pada umumnya.  

Video tersebut viral usai dibagikan oleh aktivis Gun Romli di akun Twitter pribadinya @GunRomli.  

Tata Cara sholat model baru ala gerombolan 212, ruku sampe 2 kali. Makanya saya bilang shalqt jamaah mereka di jalan itu cuma gimmick, alias riya, cari perhatian doang. RUSAK!,” tulis pria bernama lengkap Mohamad Guntur Romli ini, dikutip dari Twitter, Sabtu, 5 Maret 2022.  

Dalam video itu, nampak sekelompok pria berjubah yang tengah melaksanakan salat berjamaah di jalan raya, dan seorang pria berjubah hijau yang turut berdiri di atas mobil. 

Awalnya pria berjubah hijau itu telah melakukan gerakan sujud, kemudian ia berdiri, sementara jamaah yang berada di jalan masih sujud mengikuti gerakan imam.  

Kemudian saat imam beserta jamaah lainnya berdiri, ia melakukan ruku dilanjutkan dengan i’tidal.  

Yang menjadi sorotan warganet adalah setelah melakukan ruku dan i’tidal tadi, pria tersebut kemudian kembali melipat tangannya dan kemudian melakukan ruku lagi mengikuti gerakan jamaah lainnya.  (by)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »