PILIHAN REDAKSI

Bendera Israel Berkibar Saat Pidato Anies di JIS, Warganet: Pendukungnya Mati Rasa!

BENTENGSUMBAR.COM – Beredar video bendera Israel berkibar saat Anies Baswedan menyampaikan pidato di Jakarta Internasional Stad...

Advertorial

Jadi Narasumber di Event Internasional, Wako Fadly Amran Sampaikan Capaian Kesehatan Padang Panjang

          Jadi Narasumber di Event Internasional, Wako Fadly Amran Sampaikan Capaian Kesehatan Padang Panjang
Jadi Narasumber di Event Internasional, Wako Fadly Amran Sampaikan Capaian Kesehatan Padang Panjang
BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menjadi salah satu narasumber dalam event internasional bertajuk Healthy Cities Summit 2022 yang dihelat di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu-Rabu, 27-30 Maret 2022 ini.

Dalam event yang dihadiri puluhan kepala daerah dan tokoh-tokoh kesehatan internasional itu, Wako Fadly Amran menjadi satu dan tiga narasumber, dengan tema “Tatanan Pemukiman dan Prasarana Sehat”, Selasa (29/3).

Fadly mengatakan, Kota Padang Panjang merupakan satu-satunya kota yang lolos dalam verifikasi Kota Sehat dan menerima penghargaan Swastisaba Wistara enam kali berturut-turut. Hal inilah yang menjadi dasar di tunjuknya wali Kota Padang Panjang sebagai pembicara dalam seminar.

“Alhamdulillah, kita didaulat menjadi salah satu narasumber. Dalam kesempatan itu, kita memaparkan berbagai prestasi Kota Padang Panjang di bidang kesehatan,” ungkap Fadly.

Saat menjadi narasumber, Fadly mengatakan, salah satu keunggulan yang dimiliki Kota Padang Panjang dalam pencapaian Swastisaba Wistara adalah adanya inovasi yang dinamakan PANGKOSTRAT (Padang Panjang Kota Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

“Bentuk kegiatannya adalah kampanye Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Mulai dari Pokja Kelurahan, Forum Koordinasi Kecamatan Sehat dan Forum Kota Sehat, mengajak masyarakat untuk mewujudkan Padang panjang stop BABS (buang air besar sembarangan-red) dengan cara pemicuan,” sebut Fadly.

Dengan kegiatan ini, lanjut Fadly, maka tahun 2020 Padang Panjang sudah mencapai ODF (Open Defecation Free) atau Stop BABS 100% dan menerima penghargaan STBM Award Tahun 2020.

Selain fokus pada Swastisaba Wistara, Fadly Amran juga memaparkan tentang Perda Rokok yang telah diterapkan di Kota Padang Panjang. Di mana kota ini menjadi yang pertama menerapkan peraturan tersebut. 

“Semua capaian Kota Padang Panjang di bidang kesehatan ini, tak terlepas dari usaha bersama dan koordinasi yang baik antara, Pemko dengan Forum Kota Sehat serta masyarakat secara umum,” tutur Fadly. 

Kegiatan Healthy Cities Summit Tahun 2022 dengan tema dari “Semarang untuk Indonesia” ini, dibuka Wakil Presiden, K.H Ma’ruf Amin bertempat di Ruang Rama Shinta, Hotel Patra Semarang, Senin (28/3) kemarin. Digelar selama tiga hari, diikuti total peserta sekitar 950 peserta.

Di dalam acara tersebut digelar sejumlah acara seperti mulai dari seminar kesehatan, serta expo kabupaten/kota sehat Indonesia, dengan menghadirkan pembicara kunci.

Sebagaimana dilansir website Pemko Semarang, sejumlah narasumber dari berbagai negara pun hadir mengisi kegiatan, seperti Profesor Cordia Chu dari Universitas Griffith Australia, Profesor Eun Woo Nam dari Universitas Yonsei Korea Selatan, hingga Doktor Suvajee Good dari Kantor WHO Regional Asia Tenggara.

Selain itu sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju juga diundang untuk terlibat dalam kegiatan tersebut. Di antaranya Mendagri, Tito Karnavian, Menkes, Budi Gunadi Sadikin, Menparekraf, Sandiaga Uno, Menkominfo, Johny G Plate, serta Menhub, Budi Karya Sumadi.

Tak hanya itu, beberapa kepala daerah juga turut hadir, antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Selain Wako Fadly Amran, juga hadir Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Bogor, Bima Arya, Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto, hingga Bupati Banyuwangi, Bantaeng, Luwu, Sukabumi, juga Boyolali.  

Laporan: Novrianto Ucpxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »