PILIHAN REDAKSI

Mujahid 212: Miyabi Pemicu Intoleran di Jakarta, Anies Baswedan dalam Bahaya

BENTENGSUMBAR.COM - Kedatangan Maria Ozawa alias Miyabi ke Jakarta, terancam batal. Mantan aktris film dewasa ini berencana men...

Advertorial

Pendakwah Gus Baha: Sejak Dulu, Anjing Itu Tidak Pernah Najis

          Pendakwah Gus Baha: Sejak Dulu, Anjing Itu Tidak Pernah Najis
Pendakwah Gus Baha: Sejak Dulu, Anjing Itu Tidak Pernah Najis
BENTENGSUMBAR.COM – Sebuah video yang memperdengarkan rekaman suara berisi ceramah lawas dari pendakwah Gus Baha menyebut bahwa hewan anjing sejak dulu tidak pernah najis, viral di media sosial.

Video ceramah lawas Gus Baha sebut anjing tidak najis itu viral usai diunggah pengguna Twitter Bambangmulyono2, seperti dilihat pada Minggu 13 Maret 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu menyebut cuplikan dalam video unggahannya tersebut merupakan kajian dari Gus Baha soal anjing.

“Kajian dari Gus Baha tentang anjing,” cuit netizen Bambangmulyono2, sembari membagikan video rekaman suara ceramah Gus Baha pada 2010 silam itu.

Dilihat dari video itu, tampak suara Gus Baha dengan dialek Jawa yang sudah diterjemahkan,ke bahasa Indonesia awalnya menyebut istilah dalam Alquran.

Dalam istilah Alquran itu, kata Baha, Rasulullah Nabi Muhammad SAW ditanya soal apa saja hal yang halal.

“Istilahnya Quran ketika ditanya, hai Muhammad yang halal itu apa saja, Mad bilang yang halal itu sesuatu yang suci atau hasil buruan dari hewan yang sudah diajari di mana hewan yang sudah diajari itu sepandai anjing,” ujar Gus Baha.

Namun, lanjut Gus Baha, Imam Suyuthi dalam tafsirnya lebih ekstrem dengan menyebut anjing juga tidak apa-apa.

“Tapi Imam Suyuthi lebih ekstrem anjing pun juga tidak apa-apa. Di sini tafsirnya ‘Ali Khawasif Minal Kilab’,” tuturnya.

Maka dari itu, tanpa menerangkan secara ilmu fikih Gus Baha pun menyebut dalam semua periode anjing tidak pernah najis.

“Jadi saya tak menerangkan fikih dulu. Anjing itu tidak pernah najis dalam semua periode,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Gus Baha, kiai sekarang secara kajian tingkat tinggi juga menyebut anjing tidak pernah menjadi hewan yang najis.

“Saya terangkan, kata kiai sekarang, ini kajian ilmu tingkat tinggi, anjing itu tidak pernah najis. Sejak dulu itu tidak kasih orang memuji anjingnya Ashabul Kahfi pun ya tidak najis dan tidak pernah ada masalah dengan anjing,” ujarnya.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »