PILIHAN REDAKSI

Hisap Lem Di Atap Gedung Pasar Raya Padang, Empat ABG Diamankan Satpol PP Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Empat orang bocah kedapatan ngelem di lantai atas Gedung Pasar Raya Padang, terpaksa diamankan Satpol PP Pa...

Advertorial

Beda dengan Pemerintah, FPI Tetapkan 1 Ramadhan Sabtu, ABI Tetapkan Awal Puasa Ahad

          Beda dengan Pemerintah, FPI Tetapkan 1 Ramadhan Sabtu, ABI Tetapkan Awal Puasa Ahad
Ilustrasi. Beda dengan Pemerintah, FPI Tetapkan 1 Ramadhan Sabtu, ABI Tetapkan Awal Puasa Ahad
BENTENGSUMBAR.COM - Dewan Pimpinan Pusat Front Persaudaraan Islam (FPI) menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah jatuh pada Sabtu 3 April 2022.

Penetapan 1 Ramadhan FPI itu sama dengan PP Muhammadiyah.

Ketua Lajnah Falakiyah FPI, Kurdi Muslim menyatakan, pihaknya bersama kompenen umat Islam lainnya pada tanggal 28 Syaban 1443 H atau Jumat 1 April hilal tampak terlihat.

“Setelah Ghurub matahari bahwa Hilal terlihat. Maka DPP FPI menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Sabtu 2 April 2022,” kata dia, dikutip dari Pojoksatu.

Di sisi lain, pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Penetapan 1 Ramadhan 1443 H itu karena posisi hilal secara umum di Indonesia masih berada pada ketinggian 2 derajat.

Dalam penetapan awal puasa ini, Kemenag menggunakan dua metode, yakni hisab dan rukyat.

Menag Yaqut Cholil Qumas mengungkap, bahwa informasi hitungan hisab telah diinformasikan dengan laporan sejumlah Kemenag di daerah.

“Yang kita tempatkan pada tidak kurang pada 101 titik rukyat, di 34 provinisi seluruh Indonesia,” ungkapnya, Jumat (1/4/2022) malam.

Akan tetapi, tidak satu pun dari 101 titik tersebut melihat hilal.

“Kesemuanya 101 titik melaporkan tidak malihat hilal,” jelas dia.

Karena itu, dengan dua hal tersebut di atas, berdasarkan hisab posisi hilal seluruh indonesia di atas ufuk tapi belum memenuhi tinggi 3 derajat.

“Bahwa 1 Ramahdan 1443 H jatuh pada Ahad 3 April 2022 Masehi. Ini hasil sidang isbat dan disepakati bersama,” ujarnya.

Sementara itu Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada 2 April 2022.

Penentuan awal Ramadhan Muhammadiyah itu didasarkan dengan kriteria wujdul hilal. 

ABI Tetapkan Awal Ramadan Ahad

Sementara itu, Ahlulbait Indonesia (ABI) menetapkan awal Ramadan sama dengan pemerintah.

Hal itu, berdasarkan kriteria visibilitas hilal awal bulan Ramadan dari lembaga kredibel dalam dan luar negeri, termasuk Islam Al Ashiyl, serta informasi dan kesaksian tim rukyah Falak ABI dalam pemantauan yang dilakukan pada hari Jumat 29 Syakban 1443 H bertepatan dengan 1 April 2022

"Maka kami informasikan bahwa hilal 1 Ramadan tidak terlihat di seluruh titik pantau, sehingga kami tetapkan bahwa besok, Sabtu 2 April 2022 adalah tanggal 30 Syakban 1443 H dan awal bulan Ramadan 1443 H jatuh pada hari Minggu 3 April 2022 M," ungkap Ketua Dewan Syura Ahlulbait Indonesia, Dr. Umar Shahab, MA., dikutip dari Safinahonline. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »