Malaysia Akan Daftarkan Reog sebagai Warisan Budaya, Publik Indonesia Meradang, Serang Akun Resmi Negeri Jiran

BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan negara Malaysia ingin mengajukan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya mereka.

“Untuk Reog, negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka dari itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita,” kata Muhadjir Effendy mengutip dari Antara.

Menko PMK juga meminta agar Pemerintah Kabupaten Ponorogo secepatnya mengusulkan Reog Ponorogo ke UNESCO dan mempersiapkan data yang diperlukan.

Ia menegaskan kesenian Reog Ponorogo masuk nominasi tunggal Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritagen/ICH) setelah sebelumnya tercatat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh Mendikbud RI pada 2013.

Menyikapi hal tersebut, publik Indonesisa pun dibuat meradang. Akun resmi Malaysia, @1malaysia_official diramaikan netizen asal Indonesia.

Kolom komentar akun Malaysia ini dipenuhi dengan tulisan para netizen Indonesia yang protes kepada negara tetangga ini.

Mayoritas netizen Indonesia mempopulerkan tagar #ReogFromIndonesia, sejumlah netizen lainnya meminta Malaysia untuk setop mengakui kebudayaan Indonesia.

"Kek g punya budaya aj lo," tulis akun @nas***

"Makan nya punya nenek moyang dong biar buat budaya hahaha malu lah ambil budaya orang," tambah akun @eyr***

Sumber: Suara.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »