PILIHAN REDAKSI

Disebut Bagian dari Kerajaan Melayu, Mendagri Singapura Berang, Serang Balik UAS: Radikalisasi Remaja

BENTENGSUMBAR.COM - Singapura kembali angkat bicara mengenai pelarangan masuk Ustaz Abdul Somad (UAS). Menteri Dalam Negeri Sin...

Advertorial

Miliki Warisan Dunia, Wagub Sumbar Dukung Sawahlunto Layak Kota Pariwisata

          Miliki Warisan Dunia, Wagub Sumbar Dukung Sawahlunto Layak Kota Pariwisata
Miliki Warisan Dunia, Wagub Sumbar Dukung Sawahlunto Layak Kota Pariwisata
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menilai keberhasilan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai warisan dunia harus dimanfaatkan untuk mendongkrak expose pariwisata di Sawahlunto.

Sawahlunto memiliki situs warisan dunia yang sudah diresmikan UNESCO. Peluang investasi dan pengembangan di Sumbar menurut Wagub masih sangat terbuka lebar.

"Saya yakin ke depan akan semakin banyak turis asing dan dalam negeri berkunjung ke Sawahlunto," ucap Audy Joinaldy saat Safari Ramadhan di Masjid Babussalam Kel. Lubang Panjang Kec. Baringin, Kota Sawahlunto, Sabtu (9/4/2022).

Ia menilai pariwisata adalah potensi Sawahlunto yang tidak dimiliki oleh semua daerah karena punya nilau herritage. "Kuncinya adalah inovatif, responsif dan melibatkan aktif masyarakat serta perantau. Pemerintah daerah tidak perlu takut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," ungkapnya.

Termasuk dukungan dari masyarakat terutama potensi investasi perantau juga harus dimaksimalkan. Investasi dari perantau bisa mempercepat pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah dalam pengembangan pariwisata. "Pariwisata di Sawahlunto merupakan tulang punggung. Bahkan disini banyak terdapat desa wisata dan desa kreatif," ujarnya.

Hal ini dibuktikan dengan penghargaan "Wonderful Indonesia Tourism Award" yang pernah diterima Sumatera Barat. Dari sekian banyak kota tujuan wisata di Sumatera Barat, salah satu kota dengan daya tarik wisata unik yang bisa kamu kunjungi adalah Sawahlunto. "Itu makanya saat pertama kali saya ke Sawahlunto, inilah kota paling cantik saya kunjungi," tuturnya.

Sawahlunto menjadi kota wisata, karena memiliki ciri khas peninggalan sejarah era kolonial khususnya di masa-masa kala menjadi kota pertambangan serta wisata alam yang tak kalah mempesona. "Tidak salah, Sawahlunto paling sedikit masyarakat miskin di Indonesia. Karena masyarakat Sawahlunto bisa memanfaatkan alam sekitarnya," tukasnya.

Sebagai penutup acara safari ramadhan di Sawahlunto Wagub Sumbar menyerahkan bantuan Pemprov Sumbar senilai Rp50 juta untuk Masjid Babussalam kepada pengurus masjid tersebut. (nov)

#Dinas Kominfotik Sumbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »