PILIHAN REDAKSI

Demo di Gladag Solo, Massa Tuntut Jokowi Turun

BENTENGSUMBAR.COM - Seratusan orang yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Indonesia menggelar aksi demonstrasi di Bundaran Gladag...

Advertorial

Wiranto ke BEM soal Jokowi 3 Periode: Mengapa Meributkan yang Masih Wacana

          Wiranto ke BEM soal Jokowi 3 Periode: Mengapa Meributkan yang Masih Wacana
Wiranto ke BEM soal Jokowi 3 Periode: Mengapa Meributkan yang Masih Wacana
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto menemui Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM Nusantara di Kantor Wantimpres, Jakarta Pusat. 

Pertemuan digelar di tengah rencana demo yang akan dilangsungkan para mahasiswa pada 11 April. 

Wiranto memberikan penjelasan soal isu Jokowi 3 periode hingga penundaan Pemilu 2024.

"Saya sampaikan (ke mahasiswa) ini perlu klarifikasi, intinya mengapa meributkan itu tatkala masih berbentuk wacana," kata Wiranto, di Kantor Wantimpres, Jumat, 8 April 2022.

Wiranto juga menyampaikan ke mahasiswa kalau siapapun tentu boleh menyampaikan wacana ke publik. 

Tapi soal wacana Jokowi 3 periode, eks Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan keamanan ini mengaku meminta mahasiswa untuk berpikir rasional.

Pertama terkait peluang terjadinya Jokowi 3 periode lewat amandemen UUD 1945. 

Menurut dia, ada banyak sekali syarat untuk mengubah UUD, di antaranya mengumpulkan suara yang setuju. Sementara saat ini, baru 3 partai politik saja yang menyuarakan isu ini.

Kedua, Wiranto menyebut sejauh ini tak ada kegiatan apapun di DPR maupun lembaga pemilu yang mengisyaratkan penundaan pemilu. 

Ketiga, pemerintah masih sibuk dengan urusan penyehatan ekonomi nasional dan mitigasi Covid-19.

"Jadi tidak ada sama sekali kehendak membahas perpanjangan masa jabatan 3 periode," kata dia. 

Terakhir, kata Wiranto, Jokowi juga sudah berkali-kali menyampaikan penolakan terkait wacana penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode ini.

Meski demikian, ia tidak ada yang melarang mahasiswa demo. Ia hanya mempertanyakan tujuan dilakukan demo, ketika isu Jokowi 3 periode tersebut memang tidak mungkin terjadi dan sudah dijawab oleh presiden.

"Bukan melarang, tapi kan kita berkomunikasi," kata dia.

Pihak yang berencana menggelar demo adalah BEM Seluruh Indonesia. Adapun yang diundang BEM Nusantara.

Sebelumnya, BEM SI mengajak aliansi mahasiswa serta BEM semua universitas untuk bergabung dalam demo hari Senin, 11 April mendatang.

Ajakan tersebut telah diinformasikan melalui instagram @bem_si.

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia bersama Aliansi BEM PTMI akan membuat gerakan, sebagaimana jawaban dari H+14 sejak hari yang telah dijanjikan oleh pak Jokowi menjawab 6 tuntutan rakyat terbilang 11 April mendatang," demikian isi ajakan demo di akun instagram @bem_si.

Unjuk rasa ini merupakan lanjutan dari demo pada 28 Maret lalu. Dalam demo tersebut BEM SI akan membawa enam tuntutan, salah satunya ialah "Mendesak dan Menuntut Jokowi untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena sangat jelas mengkhianati konstitusi negara".

Sumber: Tempo
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »