PILIHAN REDAKSI

152 KPM Terima BLT - DD tahap I di Nagari Limpato Sungai Sariak

BENTENGSUMBAR.COM - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menghadiri penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap ...

Advertorial

BBM Lancar Selama Lebaran, Andre Puji Pertamina

          BBM Lancar Selama Lebaran, Andre Puji Pertamina
BBM Lancar Selama Lebaran, Andre Puji Pertamina
BENTENGSUMBAR.COM - Anggota Komisi VI DPR-RI yang membidangi urusan BUMN, Andre Rosiade mengapresiasi kinerja PT. Pertamina dan PT. Pertamina Patra Niaga yang berkonsentrasi pada pemenuhan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) pada arus mudik dan arus balik lebaran 2022.

"Saya mengapresiasi kinerja Pertamina dan Pertamina Patra Niaga karena tidak ada kelangkaan BBM di SPBU selama musim mudik lebaran 2022 ini," ungkap Andre di Jakarta, kemarin.

Padahal, lanjut Andre, sebelum memasuki bulan puasa, kelangkaan stok BBM di SPBU kerap terjadi dibeberapa wilayah yang merupakan jalur mudik di Indonesia, seperti yang terjadi di Padang, Sumatera Barat. Hal ini mengakibatkan antrean kendaraan mengular hingga membuat kemacetan parah.

"Sebelum puasa banyak antrian di SPBU yang sering dipakai sebagai jalur mudik, namun saat puasa dan lebaran Alhamdulillah tidak terdengar antrian di SPBU Pertamina," jelas Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat itu.

Karena itu Andre berharap, upaya pemenuhan stok BBM di setiap SPBU Pertamina terus terjaga pasca momen mudik lebaran ini. Sehingga, tidak terjadi lagi adanya tumpukan kendaraan di SPBU Pertamina akibat kelangkaan BBM.

"Untuk itu kami mengapresiasi kinerja Pertamina dibawah Komando Bu Nicke dan Patra Niaga dibawah Dirut Pak Alfian Nasution. Mereka adalah garda terdepan dalam distribusi BBM di masyarakat," tandasnya.

Seperti diketahui, PT. Pertamina mencatat, pada puncak arus mudik 2022 ini, permintaan BBM mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yakni sekitar 43%-58% yang terjadi di Jalur Tol Trans Jawa, Jalur Pantura (non tol) dan Jalur Selatan Jawa (non tol) pada saat puncak arus mudik dan puncak arus balik.

Meski demikian, tidak ada kelangkaan BBM di setiap SPBU Pertamina, semuanya bisa terpenuhi. Hal ini lantaran Pertamina mengoptimalkan seluruh infrastruktur secara terintegrasi dari hulu hingga hilir, mulai dari produksi dan operasional kilang, pengangkutan kapal hingga penyaluran ke SPBU.

Sebelumnya Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memantau langsung ketersediaan dan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk arus balik Lebaran lewat Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC). Nicke memastikan ketersediaan dan penyaluran BBM dalam kondisi aman.

Nicke menyambangi PIEDCC di Gedung Grha Pertamina, Jakarta Pusat, Jumat (6/5) didampingi Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina yang juga sebagai Ketua Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas Rafi) Pertamina Mulyono. Hadir juga Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji. Nicke dan rombongan melihat langsung data ketersediaan dan penyaluran BBM seluruh Indonesia lewat tampilan layar di PIEDCC.

Nicke mengatakan PIEDCC mengelola data secara terintegrasi dari hulu ke hilir selama 24 jam secara realtime, baik itu untuk BBM, gas hingga Avtur. Tim PIEDCC juga melakukan analisa data menjadi informasi, mendeteksi data, anomali, menguji keandalan data serta menyusun executive summary dan rekomendasi yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »