Dinilai Kelewatan Batas, Tokoh NU Kecam Aksi Ruhut Sitompul Unggah Foto Editan Anies Baswedan Pakai Koteka

BENTENGSUMBAR.COM - Aksi Ruhut Sitompul mengunggah foto editan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sehingga tampak mengenakan pakaian tradisional Papua, yakni koteka menuai kecaman dari berbagai pihak.

Foto editan Anies Baswedan yang diunggah Politikus PDI Perjuangan pada Rabu (11/5/2022) itu diniai rasis.

Tak ayal, badai kecaman terhadap Ruhut jelas tak bisa dihindari. Bahkan tagar "#RuhutLanggarUUITE" masih terus bergema sampai Kamis (12/5/2022) siang ini.

Salah satu yang mengecamnya adalah tokoh Nahdlatul Ulama, Umar Sadat Hasibuan. 

Tokoh yang akrab disapa Gus Umar ini menilai unggahan Ruhut sudah keterlaluan serta kelewat batas.

Bahkan dengan gamblang Gus Umar menilai Ruhut menjijikkan karena cuitan hoaks dan rasismenya kali ini.

"Ruhut ini sudah kelewat batas hina anies. Kebencian nya ke anies sampai sebar hoax dan hina anies secara fisik. Ruhut menjijikkan," tutur Gus Umar, seperti dikutip Suara.com.

Publik pun banyak yang mendukung kecaman Gus Umar ini. Mereka juga menilai Ruhut hanya menyebar kebencian ketimbang menjadi oposisi yang sehat terhadap isu Anies Baswedan menjadi calon presiden pada 2024 mendatang.

"Beda pendapat, Beda haluan politik, Bahkan rival/ lawan dalam persaingan bidang apapun. Tidak patut menjadi alasan untuk memfitnah, mempermalukan, apalagi membenci seseorang," ujar eks Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie.

"Biasanya orang yang menyerang ke arah fisik itu menunjukkan bahwa dia tidak bisa melawan dengan argumen," kata warganet.

"Rombongan manusia gak punya akhlak harus ditangkap dan adili," tegas warganet.

"Bukan cuma menghina Pak Anis tapi juga melecehkan pakaian adat Papua," timpal warganet lain.

"Ntar kalau Anies menang doi juga bakal merapat tuh, pung," imbuh yang lainnya, sedikit menyentil gaya berpolitik Ruhut Sitompul selama ini.

Selain Gus Umar, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo juga memberi kritikan keras terhadap cuitan Ruhut Sitompul. 

Selain menegaskan kalau cuitannya cuma hoaks, Roy Suryo juga membongkar jejak digital akun-akun yang disebut sudah duluan mengunggah foto itu.

Sumber: Suara.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »