Jokowi Tak Pakai Pesawat Kepresidenan ke Amerika Serikat, Roy Suryo: Engga Apa-apa kan untuk ‘Sowan’

BENTENGSUMBAR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022).

Dalam kunjungan itu, Jokowi bersama rombongan tidak menggunakan pesawat kepresidenan. Rombongan memilih menggunakan pesawat Garuda bernomor B-777-300ER.

Pengamat telematika, Roy Suryo ikut angkat suara terkait penggunaan pesawat sewa oleh Presiden Jokowi itu.

Dia menyoroti, pesawat yang digunakan Jokowi itu tetap menggunakan tulisan Republik Indonesia dan logo Garuda Pancasila.

“Penjelasan Istana bahwa “tdk naik Pesawat Kepresidenan” ini MIRIP kata “Menolak (tapi minta lebih) di Sidang” itu RI-001 justru hanya B-737-BBJ, sedangkan ini malah B-777-300ER Garuda tetapi DI-CAT BARU “Garuda Pancasila + Republik Indonesia”, beda! Gpp khan utk “Sowan” AMBYAR,” kata Roy dikutip Fajar.co.id di akun Twitternya, Selasa (10/5/2022).

Pihak Istana sendiri membenarkan Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan delegasi menyewa pesawat Garuda Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 07.00 WIB.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, ada tiga alasan Jokowi tidak menggunakan fasilitas negara untuk terbang ke negeri Paman Sam tersebut.

“Pertama, perjalan yang sangat jauh jika pakai pesawat Presiden bisa dua kali transit,” kata Heru kepada wartawan, Selasa (10/5).

Alasan kedua, lanjut Heru, pesawat Presiden hanya mampu menampung 48 orang. Sedangkan, tim delegasi yang berangkat seluruhnya berjumlah 62 orang. Alasan ketiga, efisiensi tim advance dalam mengamankan tempat Jokowi mendarat.

“Kalau transit dua kali, berarti setiap tempat ada tim advance. Nah ini hanya satu kali,” tegas Heru.

Bahkan, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia delegasi yang berisi jajaran menteri bisa satu pesawat dengan Presiden Jokowi. Hal ini pun memudahkan koordinasi pengamanan.

“Semua menteri yang ikut bisa satu pesawat pulang pergi, dan tim advance akan ikut kembali bersama pesawat itu. Sehingga lebih efisien,” pungkas Heru.

Presiden Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta setelah rangkaian pertemuan selesai pada 13 Mei 2022. Presiden dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Minggu, 15 Mei 2022.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam penerbangan menuju Washington DC antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. 

Adapun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden.
Selain itu turut pula Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sumber: fajar.co.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »