Hasil Survei: Popularitas Puan Maharani Mulai Geser Ganjar

BENTENGSUMBAR.COM - Lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) membeberkan popularitas Puan Maharani mengungguli kolega separtainya, Ganjar Pranowo jelang pemilihan presiden (Pilpres 2024).

Popularitas Puan di posisi lima besar (69,3%), sedangkan Ganjar yang hanya berada di posisi enam (61,4%) dalam hasil survei yang diselenggarakan 22- 28 Mei 2022.

"Dari sisi tingkat popularitas di mata responden, Puan Maharani ungguli Ganjar Pranowo, situasi ini sebenarnya membuat Puan lebih potensial terusung," ujar Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah, Sabu (4/6).

Dedi membeberkan Prabowo Subianto menempati posisi puncak dengan memperoleh tingkat keterkenalan sebesar 96,2%.

Selanjutnya ada Anies Baswedan 88,1%, Sandiaga Uno 84%, dan Agus Harimurti Yudhoyono 71,3%.

"Sementara dari aspek kesukaan, posisi top lima, yaitu Yusuf Hamka 98,3%, TGB Muhamad Zainul Majdi 97,5%, Andika Perkasa 97,3%, Hary Tanoesoedibjo 95,1%, dan Dedi Mulyadi 94,%, tetapi mereka ini popularitasnya kecil sekali," papar Dedi.

Survei tersebut dilaksanakan dengan teknik wawancara penelitian hybrid secara tatap muka sebanyak 480 responden dan sambungan telepon.

Adapun data telepon merujuk data populasi sebanyak 196.420 yang dimiliki IPO sejak periode survei pada 2019 sampai dengan 2021.

Dari total populasi tersebut terdapat 7.200 yang memungkinkan untuk menjadi responden hingga terambil secara acak sejumlah 720 responden.
Dengan demikian total keseluruhan sebanyak 1.200 responden.

Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2.90 persen, dengan tingkat akurasi data 95%.

Pengaturan pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS). 

Survei ini berhasil mengambil representasi sampel yang tersebar proporsional dalam skala nasional.

Sumber: GenPI.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »