PILIHAN REDAKSI

Pemprov DKI Cabut Izin 12 Gerai Holywings, Nikita Mirzani Syok: Kami Punya Ribuan Pegawai Cari Nafkah di Sana

BENTENGSUMBAR.COM - Artis Nikita Mirzani mengomentari pencabutan izin usaha terhadap 12 gerai Holywings di Jakarta. Sebagai sal...

Advertorial

Sirkuit Mulai Dibongkar, Anies Baswedan Sebut Balapan Formula E Tidak Menyisakan Polusi

          Sirkuit Mulai Dibongkar, Anies Baswedan Sebut Balapan Formula E Tidak Menyisakan Polusi
Sirkuit Mulai Dibongkar, Anies Baswedan Sebut Balapan Formula E Tidak Menyisakan Polusi
BENTENGSUMBAR.COM - Sirkuit Formula E hari ini mulai dibongkar beberapa fasilitas pendukung, mobil balap yang digunakan di Jakarta E-Prix 2022 langsung dilepas rakitannya.

Mobil-mobil tersebut kemudian dimasukkan ke dalam boks dengan berat 300 ton untuk dibawa ke Maroko, lokasi Formula E berikutnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa Formula E bukan sekadar balapan.

Formula E bahkan tidak menyisakan polusi. Selain itu, listrik yang dihasilkan berasal dari generator yang berbahan bakar bio diesel.

Hal itu disampaikan Anies Baswedan saat menyaksikan proses pembongkaran sirkuit Formula E Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 5 Juni 2022.

“Jadi bagaimana sebuah balapan tidak menyisakan polusi, bahkan untuk listrik yang dihasilkan dari generator yang berbahan bakar bio diesel,” katanya.

Menurutnya waktu balapan Formula E memang hanya memakan waktu sekira 45 menit, tapi di balik itu ada perencanaan yang rumit.

Penggunaan teknologi yang luar biasa intensif, ditambah ada ideologi yang harus dipegang.

“Yakni peduli lingkungan dan menggunakan cara-cara paling efisien dalam pemanfaatan sumber daya,” ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga terkesima bagaimana pihak FEO memaksimalkan teknologi pada saat membongkar semua peralatan yang dibutuhkan untuk Formula E.

Anies Baswedan pun berharap hal tersebut akan digunakan sebagai pembelajaran oleh para petugas lokal dalam hal penyelenggaraan event.

“Karena itu sangat bermanfaat bagi tim kita di Jakarta untuk mengambil hikmahnya, ilmunya, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kita di sini,” katanya.

Menurutnya pengerjaan dilakukan dengan begitu efisien. Para pekerja juga melakukan tanggungjawabnya dengan detail.

“Jadi betapa efisiensi dalam bekerja itu dilakukan dengan amat baik dan garasi yang kemarin penuh dengan mobil balap sekarang sudah kosong dan ini akan menjadi pembelajaran bagi kita,” tuturnya

Formula E Jakarta diikuiti oleh 22 pembalap dari 11 tim. Mereka berasal dari sejumlah negara, mulai Jerman, Inggris, Prancis, Monako, Amerika Serikat, India hingga China.

Beberapa pembalap Formula E ada yang merupakan jebolan Formula 1, antara lain Stoffel Vandoorne, Pascal Wehrlein, hingga Sebastien Buemi. Pada Jakarta E-Prix 2022 ini Mitch Evan keluar sebagai juara.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »