PILIHAN REDAKSI

KPU Sumbar Lakukan Sosialisasi Persiapan Pemilu 2024, Adiak: Jangan Ragu, KPU Pasti Jujur

BENTENGSUMBAR.COM - Kordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Izwaryani atau kerap d...

Advertorial

Irwan Basir Harapkan Ketua RT dan RW Bekerja Profesional, Tidak Pilih Kasih untuk Masyarakat

          Irwan Basir Harapkan Ketua RT dan RW Bekerja Profesional, Tidak Pilih Kasih untuk Masyarakat
Irwan Basir Harapkan Ketua RT dan RW Bekerja Profesional, Tidak Pilih Kasih untuk Masyarakat
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua RT dan RW adalah jabatan di dalam masyarakat yang yang membantu pihak pemerintahan kelurahan baik untuk pemberdayaan masyarakat atau untuk program pembangunan. 

Sama seperti LPM, ketua RT dan RW adalah orang-orang yang punya kepedulian sosial dan semangat membangun kampung untuk didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting dalam kampung tersebut.

"Ketua RT dan RW itu adalah tokoh masyarakat yang didahulukan salangkah  dan ditinggikan sarantiang di kampungnya. Pekerjaannya membantu pemerintah kelurahan dalam hal pembangunan baik itu pembangunan pisik atau pemberdayaan masyarakat. Mereka adalah orang-orang yang punya rasa kepedulian yang tinggi untuk mengurus kampungnya."

Demikian disampaikan oleh Ketua DPD LPM Kota Padang saat menghadiri pertemuan bulanan Forum RT/RW Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. 

Lebih lanjut dikatakan, ketua RT dan RW dalam bekerja haruslah profesional dan tidak pilih kasih terhadap masyarakatnya. Bekerjalah sesuai aturan dan rambu-rambu yang ada.

Jabatan RT/RW adalah jabatan kepercayaan yang bekerja pada akar rumput dan langsung bersentuhan dengan masyarakat.

"Kepada bapak RT dan RW bekerjalah secara profesional dan tidak pilih kasih untuk masyarakaatnya. Orang Minang bilang, tibo diparuik indak dikampihan dan tibo dimato indak dipiciangan.  Artinya kita harus adil dalam bersikap dan bekerja. Di dalam masyarakat segala isyu sangat mudah sekali tersebar. Betapa banyak isyu miring yang ditujukan kepada  RT dan RW yang kita dengar. Baik pun kinerja kita masih ada juga suara miring kepada kita. Dan itu sesuatu yang wajar karena tidak semua orang sepaham dengan kita. Kita tidak mungkin bisa memuaskan semua orang," tukas Irwan Basir lagi.

Irwan Basir juga mengapresiasi adanya forum RT/RW ini.  Disamping untuk memperkuat hubungan silaturahmi RT/RW wadah ini juga dapat untuk mendiskusikan program-program pembangunan bersama Lurah dan ketua LPM. 

"Saya mengapresiasi adanya forum RT/RW ini. Wadah ini dapat dijadikan  tempat diskusi RT/RW bersama Lurah dan ketua LPM untuk membicarakan masalah-masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat atau program pembangunan yang akan dilaksanakan," ujar Irwan Basir yang juga tokoh masyarakat Kuranji ini.

Laporan: Novrianto Ucoxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »