Advertorial

Daerah

Ketua KPU Sumbar: Peran Pers Sangat Penting Dalam Menyukseskan Pemilu 2024

          Ketua KPU Sumbar: Peran Pers Sangat Penting Dalam Menyukseskan Pemilu 2024
Ketua KPU Sumbar: Peran Pers Sangat Penting Dalam Menyukseskan Pemilu 2024
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat Yanuk Sri Mulyani menegaskan, peran pers atau media sangat penting dalam menyukseskan pemilihan umum. 

"Untuk itu, kami berharap kerjasama kawan-kawan media untuk menyukseskan pemilu, mulai dari tahapan-tahapan sampai kepada proses akhirnya," kata Yanuk pada diskusi bersama media terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024, Selasa, 28 Juni 2022.

Apatah lagi, ujar Yanuk, media merupakan sarana yang efektif dalam mensosialisasikan tahapan pemilu melalui pemberitaan dan pembentukan opini. 

"Kami berharap, kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik dalam menyukseskam pemilu sebelumnya dapat kita lanjutkan," harap Yanuk.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas & SDM KPU Prpvinsi Sumatera Barat, Izwiryani menegaskan, pemilu 2024 sudah ditabuh, tanpa ada keraguan lagi.

"Pemilu sudah ditabuh dan dilaksanakan di 2024, tanpa ada keraguan lagi," cakapnya.

Dikatakannya, peran pers adalah pilar keempat demokrasi. Untuk itu, pers sangat dibutuhkan dan memiliki peran penting dalam pesta demokrasi pemilu. 

"Pemilu adalah pesta demokrasi, dan pers memiliki peran besar sebagai pilar keempat demokrasi dalam mencerdaskan masyarakat dalam berdemokrasi," katanya.

Izwiryani mengatakan, pers berperan dalam mengedukasi masyarakat pemilih agar sadar dan cerdas berdemokrasi, sehingga masyarakat betul-betul menggunakan hak suaranya sebagai pemegang kedaulatan dan menghasilkan pemilu berkualitas.

Ia meminta pers bergandeng tangan bersama-sama penyelenggara pemilu, sehingga masyarakat cerdas dalam menentukan pilihan.

"Namun pers juga berhak melakukan kontrol dalam pelaksanaan pemilu sehingga dapat meminimalisir penyimpangan dalam pemilu," katanya. (by)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »