PILIHAN REDAKSI

Pemprov DKI Cabut Izin 12 Gerai Holywings, Nikita Mirzani Syok: Kami Punya Ribuan Pegawai Cari Nafkah di Sana

BENTENGSUMBAR.COM - Artis Nikita Mirzani mengomentari pencabutan izin usaha terhadap 12 gerai Holywings di Jakarta. Sebagai sal...

Advertorial

LSM LIRA: Pondasi KSLL Gedung RSUD Painan Gagal Kontruksi, Negara Dirugikan

          LSM LIRA: Pondasi KSLL Gedung RSUD Painan Gagal Kontruksi, Negara Dirugikan
Foto Buslim Syabir. LSM LIRA: Pondasi KSLL Gedung RSUD Painan Gagal Kontruksi Negara Dirugikan.
BENTENGSUMBAR.COM - LSM LIRA Sumatera Barat menyorot penggunaan pondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) yang digunakan untuk membangun gedung dengan pendaan dari pemerintah yang menghabiskan dana miliaran rupiah.

"Hasil investigasi kami di beberapa tempat, seperti RSUD M Zein Painan Pesisir Selatan, RSUD Pratama Ujung Gading Pasaman Barat dan Masjid DPRD Sumbar, penggunaan pondasi KSLL bermasalah," kata Ketua Tim Investigasi LSM LIRA Sumbar, Buslim Syabir ketika menggelar jumpa pers dengan wartawan di salah satu rumah makan di Padang, Kamis, 23 Juni 2022.

Dikatakan Buslim Syabir, misalnya pada pembangunan RSUD M Zein, akibat penggunaan pondasi KSLL yang tidak tetap, berakibat pada gagal kontruksi.

"Itu yang menyebabkan pemda tak mau melanjutkan pembangunan. Kita mendorong penegak hukum untuk menyelidikinya. Jika terkendala di sini, kita bawa ke tingkat yang lebih tinggi," katanya didampingi oleh Asisten II LSM LIRA Sumbar Syafrizal Koto.

Untuk RSUD Painan, jelas Buslim Syabir, pihaknya sudah melaporkan ke KPK. Tapi KPK meneruskan ke Kajati. 

"Untuk RSUD M Zein Painan ini sudah diambil uang Rp31 M oleh kontraktor," terangnya.

Untuk pondasi KSLL ini, kata Buslim Syabir, pengerjaannya diserahkan ke sub kontraktor. Namun, sangat disayangkan subkon ini tidak tersentuh sama sekali.

"Selama ini tidak tersentuh subkon itu, ditambah lagi ada hubungan dengan pihak bersinggungan. Kita mendesak penegak hukum mengejar pihak-pihak yang bertanggungjawab," cakapnya.

Kegagalan penerapan pondasi KSLL ini, kata Buslim Syabir lagi, juga terjadi pada gedung RSUD Pratama Ujung Gading, Pasaman Barat. 

"Gedung RSUD Pratama itu sempat digunakan dan ditempati ASN, tapi ditinggalkan karena pondasi KSLL yang menyebabkan gagal kontrokri. Sampai saat ini kasus ini belum difollow up oleh penegak hukum," katanya.

Terbaru di DPRD Sumbar, kata Buslim Syabir, pembangunan masjid di lingkungan DPRD Sumbar juga menggunakan pondasi KSLL.

"Pembangunan Masjid di DPRD Sumbar. Awalnya diminta pondasi laba-labanya ke perusahaan khusus pelaksana Pondasi Konstruksi Sarang Laba-laba, yaitu PT. Katama Suryabumi, tapi kami lihat perusahaannya sudah dibekukan oleh Kemenkuham," katanya. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »