Advertorial

Daerah

Nagari Sintuk Berdayakan Perempuan Dengan KWT

          Nagari Sintuk Berdayakan Perempuan Dengan KWT
Nagari Sintuk Berdayakan Perempuan Dengan KWT
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintahan Nagari Sintuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman gerakkan Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk pemberdayaan perempuan dalam ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Walinagari Sintuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Desrial, Rabu (29/6/2022) kepada BENTENGSUMBAR.COM  di Sintuk menyebutkan, dua KWT di Nagari Sintuk sudah mampu memberikan manfaat kepada anggotanya.

Masing-masing KWT Jaya Abadi di Korong Balai Usang yang diketuai Desi Mardianita dan KWT Melati Indah di Korong Rimbo Karanggo diketuai Agustin Yarnis. 

“Masing-masing KWT mampu menjadi ketahanan pangan dengan menanam cabe, jagung, terung, kacang tanah dan sebagainya. KWT  Jaya Abadi  menanam jagung seluas 1 hektar. Disamping tanaman lainnya yang sangat dibutuhkan ibu-ibu dalam keseharian. Sedangkan KWT Melati Indah menanamkan kacang tanah seluas seperempat hektar,” kata Desrial.

Dikatakan Desrial, dalam pembinaan KWT tersebut juga disuport Bhabinkantibmas Sintuak Roi Martin. Baik dalam pengadaan bibit, pengorganisasian maupun memotivasi anggota KWT dalam menjalankan program kerjanya. 

“Saat ini kita juga dorong korong lainnya mendirikan KWT. Seperti di Korong Toboh Baru KWT Kenanga, Korong Tembok KWT Tembok Ceria dan Palembayan KWT Teratai," katanya.

Di tempat terpisah, Ketua KWT Melati Indah Agustin Yarnis menyebutkan, alhamdulillah KWT Melati Indah sudah bisa memberikan manfaat kepada anggota. Terjalin silaturrahmi. Kami berkumpul setiap hari Rabu. 

“KWT menanam tanaman keperluan dapur. Seperti terung, cabe rawit, kacang. Tanaman kacang selain  dikonsumsi anggota, juga dijual," ujarnya.

Hasil penjualannya menjadi  pemasukan kas KWT. Kas KWT tersebut bisa digunakan untuk pembelian bibit lagi. 

“Selama ini memang banyak dibantu Bhabinkantibmas Sintuak Roi Martin dalam pendampingan. Jika ada perbedaan pendapat diantara pengurus dan anggota, Roi Martin bisa mencarikan solusinya,” kata Agustin menambahkan. (AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »