Advertorial

Daerah

Direktur IMF Ungkap Alasan Indonesia Jauh dari Resesi Dibanding Negara-negara Lain

          Direktur IMF Ungkap Alasan Indonesia Jauh dari Resesi Dibanding Negara-negara Lain
Direktur IMF Ungkap Alasan Indonesia Jauh dari Resesi Dibanding Negara-negara Lain
BENTENGSUMBAR.COM – Kristalina Georgieva selaku Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) telah mengungkapkan alasan mengapa negara Indonesia bisa jauh dari kelesuan ekonomi atau resesi.

Ia menyebutkan, salah satu alasannya adalah Indonesia mampu menangani kasus Covid-19 dan juga bisa mencegah penurunan terhadap ekonomi yang terlalu dalam.

“Saat Covid-19, Indonesia berhasil mencegah penurunan output ekonomi yang negitu signifikan, tak sedalam di banyak tempat,” kata Kristalina di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan bahwa Indonesia tetap mencatat perumbuhan yang begitu positif meskipun sedang mengalami efek perang antara Rusia dan Ukraina, sehingga diyakinkan bisa terus meningkat dengan baik.

“Indonesia menghadapi kejutan dalam perang di Ukraina degan mencatatkan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen dengan inflasi 4 persen,” katanya.

“Dengan anggaran yang sangat baik yang mampu memberikan dukungan, terutama kepada penduduk yang rentan,” sambungnya.

Menurutnya, angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Dan ia pun merasa bangga dengan pencapaian Indonesia itu.

Tak hanya itu saja, ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia tetap fokus dengan memberikan bantuan-bantuan yang sesuai sasaran. Bukan memberikan subsidi kepada semua orang.

Alasannya karena jika menggunakan terlalu banyak kebijakan fiskal bisa mengakibatkan adanya ledakan inflasi.

“Selama krisis Covid-19, Bank Sentral Indonesia dan Bank Indonesia memberikan dukungan moneter bekerja sama dengan pemerintah dengan keputusan untuk menghadapinya pada akhir 2022,” katanya.

“Dan kami sangat menyarankan agar keputusan ini dihormati untuk melindungi ekonomi dari goncangan dunia,” pungkas Kristalina.

Sumber: Pantau
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »