Gebu Pafa, Lahirkan Generasi Qur’ani di Padang Pariaman

BENTENGSUMBAR.COM – Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada umat Nabi Muhammad. Keberadaan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat Islam adalah untuk mengatur dan menata kehidupan umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat konsen terhadap Al-Qur’an. Penerapan nilai-nilai Al-Qur’an dapat menjadi tameng bagi generasi muda dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan menyongsong masa depan dengan berbasiskan pendidikan Al-Qur’an.

Segala cita-cita dalam menciptakan Padang Pariaman agamis tersebut telah tertuang dalam salah satu visi-misi Kabupaten Padang Pariaman, yakni Padang Pariaman religius.

Merujuk pada hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat berkomitmen melahirkan 1.100 penghafal Al-Qur’an. Untuk mewujudkannya, Bagian Kesra telah melahirkan program gerakan seribu Penghafal Al-Qur’an.

Sebagai bentuk keseriusan, tahun ini Pemerintah Daerah telah menyediakan anggaran kurang lebih Rp100.000.000,- untuk memotivasi dan membangkitkan semangat para penghafal Quran.

Sementara itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) turut membantu senilai Rp100.000.000,- Bank Nagari senilai Rp10.000.000,- dan donatur lainnya yang menyumbang secara pribadi.

Demikian diungkapkan  Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang saat memberi arahan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Gerakan Seribu Penghafal Al-Qur’an (Gebu Pafa) di Hall IKK Kawasan Parit Malintang, pada Kamis (21/07).

“Untuk mewujudkannya, kita membutuhkan kerja sama semua pihak, terutama Guru Tahfidz yang berhubungan langsung dengan anak-anak, Camat, Kepala Kantor Urusan Agama, orang tua, serta lingkungan sekitar,” tambahnya.

Kabag Kesra Azwarman mengatakan, Gebu Pafa ditujukan untuk melahirkan generasi emas yang mencintai Al-Qur’an dan mengamalkan isinya serta memberikan apresiasi kepada para penghafal berupa reward.

Tahun 2022, merupakan tahun ketiga pelaksanaan Gebu Pafa. Sejak tahun 2020 lalu, telah lahir 1.856 Hafidz/Hafidzah dan telah diberikan reward kepada sebanyak 526 hafidz/hafidzah.

“Kita berharap, melalui program yang dilahirkan ini dapat melahirkan generasi emas yang Qur’ani, sehingga Padang Pariaman religius itu dapat terwujud,” tutupnya mengakhiri. (IKP/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »