Advertorial

Daerah

Geser Anies, Eks Danjen Kopassus Bungkam Jusuf Kalla Jadi Penerus Tahta Jokowi, Pengamat Singgung Presiden Senegal Abdulaye Wade

          Geser Anies, Eks Danjen Kopassus Bungkam Jusuf Kalla Jadi Penerus Tahta Jokowi, Pengamat Singgung Presiden Senegal Abdulaye Wade
Geser Anies, Eks Danjen Kopassus Bungkam Jusuf Kalla Jadi Penerus Tahta Jokowi, Pengamat Singgung Presiden Senegal Abdulaye Wade
BENTENGSUMBAR.COM – Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih cocok maju Pilpres 2024 dibandingkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Satu hal yang membuat JK yakin adalah rekam jejak Anies yang serupa dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, Pengamat Politik Arif Nurul Imam menilai, eks Danjen Kopassus bungkam Jusuf Kalla jadi penerus tahta Jokowi, geser Anies.

Pasalnya, Arif melihat Prabowo Subianto merupakan satu-satunya figur yang paling solid dengan kesiapannya menuju Pilpres, bahkan memiliki potensi besar menangkan Pilpres 2024.

Oleh karenanya, Arif menilai pernyataan JK tidak sesuai dengan fakta empiris politik.

“Prabowo memiliki partai politik dan bekal elektabilitas yang konsisten tinggi dibandingkan yang lainnya.”

“Semenetara Anies Baswedan belum jelas perahu politiknya, serta pula elektabilitas yang masih nanggung,” kata Arif kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Tak ketinggalan, Arif menyebut Anies memiliki ‘utang politik’ ke Prabowo Subianto karena dibantu pada Pilkada DKI Jakarta melalui Partai Gerindra.

Arif menjelaskan, kekalahan Prabowo di Pilpres sebelumnya pun, bukan sebuah faktor yang akan mempengaruhi kontestasi selanjutnya di 2024.

Hal ini justru akan menguntungkan bagi pengalaman politik Prabowo.

Arif mencontohkan, beberapa pemimpin dunia maupun dalam negeri yang ikut kontestasi elektoral yang kalah berkali-kali namun kemudian menang.

“Di luar negeri ada Presiden Senegal Abdulaye Wade lima kali kalah dalam Pilpres dan baru menang yang ke enam dan ketujuh,” ucapnya.

“Di dalam negeri ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kalah dalam dua Pilkada, dan baru Pilkada ketiga bisa menang,” jelas Arif.

Sekadar informasi, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan ramai diperbincangkan sebagai calon kuat di Pilpres 2024.

Mulanya Jusuf Kalla atau yang kerap disapa JK itu, memberikan penilaian terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Terkait Prabowo Subianto, Jusuf Kalla menilai Menteri Pertahanan itu sudah pernah tiga kali kalah dalam Pilpres.

Ia lalu mempertanyakan apakah Prabowo Subianto kembali ingin ikut maju di Pilpres untuk yang ke-4 kalinya.

"Pak Prabowo kan yang sudah tiga kali ikut Pilkada eh, Pemilu, Pilpres tapi belum berhasil apakah mau 4 kali? Itu pertanyaan juga," kata JK dalam sebuah wawancara.

Jusuf Kalla kemudian menyanjung tinggi Anies Baswedan. 

Ia menyebut Anies memiliki pengalaman dalam hal kepemerintahan serupa dengan Presiden Jokowi.

"Dia pengalaman pemerintahannya sama dengan Pak Jokowi. Pengalamannya kan jadi Gubernur DKI dulu, baru jadi presiden," katanya.

Sumber: Tribun Papua
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »