Ketua LKKS Pariaman: Posdaya Miliki Peranan Penting Dalam Penanganan Masalah Kemiskinan

BENTENGSUMBAR.COM - Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Pariaman, melakukan penguatan peran Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Posdaya, dalam penanggulangan kemiskinan melalui sosialisasi kepada 100 orang peserta yang mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh LKKS Kota Pariaman, didampingi  Dinas Sosial Kota Pariaman.

Acara Sosialisasi Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Tingkat Kota Pariaman Tahun 2022, dibuka  Ketua LKKS Kota Pariaman Ny. Lucyanel Genius, bertempat di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Kamis (28/7).

Menurut Ny. Lucyanel Genius, sebagai lembaga kesejahteraan sosial, posdaya memiliki peranan penting dan strategis dalam penanganan masalah kemiskinan, maupun penguatan fungsi-fungsi keluarga, oleh sebab itu Posdaya sangat dibutuhkan, karena dapat memberikan konsultasi, pendampingan dan pelayanan sesuai kebutuhan keluarga.

“Persoalan keluarga harus mendapat perhatian pemerintah dan masyarakat, dan alhamdulillahnya pemerintah kita Bapak Walikota dan Wakil Walikota Pariaman sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk masyarakat Kota Pariaman, salah satunya seperti pengentasan kemiskinan dibidang pendidikan dengan menghadirkan program satu keluarga satu sarjana (saga saja) yang sudah berjalan sekitar empat tahun,” ungkap Ny.Lucyanel Genius.

“Untuk itu kita selalu minta kepada pemerintah daerah dan kecamatan agar memberikan dorongan dan dukungan, supaya lembaga kesejahteraan sosial seperti Posdaya dapat tumbuh dan berkembang melalui penganggaran dan sinergi program lintas OPD, apalagi saat ini kita akan bentuk lagi lima posdaya di masing-masing Desa/Kelurahan,” ujar Ketua LKKS Kota Pariaman ini.

Ny. Lucyanel Genius menjelaskan,  kegiatan ini adalah untuk membentuk kelompok Posdaya di masing-masing Desa\Kelurahan, yang bertujuan untuk menyegarkan modal sosial, seperti hidup bergotong royong dalam masyarakat guna membantu pemberdayaan keluarga secara terpadu, dan membangun keluarga bahagia dan sejahtera.

Selain itu, posdaya juga ikut memelihara lembaga sosial kemasyarakatan yang terkecil, yaitu keluarga, agar dapat menjadi perekat sehingga tercipta kehidupan yang rukun, damai, kepada setiap keluarga untuk memberi atau menerima pembaharuan yang dapat dipergunakan dalam proses pembangunan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

“Oleh karena itu posdaya memang merupakan gagasan baru guna menyambut anjuran pemerintah untuk membangun sumber daya manusia, melalui partisipasi keluarga secara aktif. Proses pemberdayaan itu diprioritaskan pada peningkatan kemampuan keluarga untuk bekerja keras mengentaskan kebodohan, kemalasan dan kemiskinan dalam arti yang luas,” ulas Ny. Lucyanel Genius.

Sosialisasi yang mendatangkan narasumber dari LKKS Provinsi Sumatera Barat itu, berlangsung 26-27 Juli 2022, terbagi dalam dua shif. Shif pertama diikuti oleh Kecamatan Pariaman Tengah dan Kecamatan Pariaman Selatan, dan shif dua diikuti Kecamatan Pariaman Timur dan Kecamatan Pariaman Utara, dengan masing-masing peserta sebanyak 100 orang, terdiri dari 10 orang utusan dari lima Desa/kelurahan yang ada di masing-masing Kecamatan.(chi/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »