Advertorial

Daerah

Libatkan Ormas Islam, Pemko Padang Tetapkan Pelaksanaan Idul Adha Pada Minggu 10 Juli 2022

          Libatkan Ormas Islam, Pemko Padang Tetapkan Pelaksanaan Idul Adha Pada Minggu 10 Juli 2022
Libatkan Ormas Islam, Pemko Padang Tetapkan Pelaksanaan Idul Adha Pada Minggu 10 Juli 2022
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang menetapkan pelaksanaan salat Hari Raya Idul Adha pada 10 Zulhijjah 1443 H atau Minggu 10 Juli 2022 nanti di Lapangan Kantor Balaikota Padang, Aia Pacah.

Demikian disampaikan Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Sekda Andree Algamar yang juga Ketua PHBI Kota Padang, sewaktu menggelar rapat koordinasi dengan Kemenag Kota Padang, MUI Kota Padang serta DMI Kota Padang di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Rabu (6/7/2022) siang.

Dalam rapat finalisasi penentuan salat Idul Adha di Kota Padang tersebut, juga melibatkan unsur Baznas Kota Padang serta sejumlah pimpinan Ormas Islam, perwakilan OPD tekait dan stakeholder lainnya.

Wako membeberkan, penentuan pelaksanaan salat Ied tersebut mengacu kepada keputusan pemerintah pusat melalui hasil sidang isbat Kemenag RI pada 29 Juni disusul Keputusan Menag RI No.668 Tahun 2022 per 1 Juli 2022 lalu.

"Kita (Pemko Padang) menetapkan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini mengacu keputusan pemerintah pusat. Meskipun ada sebagian warga Kota Padang yang akan melaksanakan salat Ied pada Sabtu 9 Juli 2022 nanti, kita tidak melarangnya karena intinya adalah sama-sama beribadah kepada Allah SWT. Kita meminta agar masyarakat saling menghargai dan menghormati perbedaan tersebut," beber Wako.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang tersebut juga tak lupa mengucapkan selamat berkurban pada Hari Raya Idul Adha nanti. "Semoga berkah bagi kita semua," ucapnya mengakhiri.

Sementara itu Kepala Bagian Kesra Setda Kota Padang Fuji Astomi mengatakan, alasan Pemko Padang memilih pelaksanaan salat Ied di Lapangan Kantor Balai Kota Aie Pacah di samping lapangan tersebut cukup luas dan layak, juga dalam rangka pemindahan pusat kegiatan pemerintahan ke kawasan Perkantoran Balai Kota Aie Pacah. Sementara alternatif jika terjadi hujan pada salat Ied nanti, maka akan dialihkan ke Masjid Ukhuwah Balaikota Padang.

“Alhamdulillah yang mengimami salat Ied nanti yaitu Syekh Ahmed Abu Armana dari Palestina yang merupakan seorang Hafiz 30 Juz. Sementara untuk khatib adalah Bapak Wali Kota Padang Hendri Septa," kata Kabag Kesra.

#Prokompim Pdg
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »