Advertorial

Daerah

Survei: Basis Pemilih Demokrat Puas dengan Kinerja Jokowi

          Survei: Basis Pemilih Demokrat Puas dengan Kinerja Jokowi
Survei: Basis Pemilih Demokrat Puas dengan Kinerja Jokowi
BENTENGSUMBAR.COM - Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menemukan terjadi peningkatan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Ada peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan temuan Mei lalu.

“Sebanyak 64,9 persen masyarakat menyatakan puas dengan kerja Presiden Joko Widodo,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi pemaparan hasil survei bertajuk Persepsi dan Kepatuhan Publik Membayar Pajak secara virtual, Minggu, 31 Juli 2022.

Temuan ini diperoleh Indikator usai melakukan survei terhadap 1.246 responden melalui sambungan telepon. Survei dilakukan pada 9-12 Juli 2022.

Menurut Burhanuddin, kepuasan terhadap kinerja presiden menjadi lebih tinggi pada kelompok basis pemilih Jokowi di Pilpres 2019. Ada juga dari basis partai di Pileg 2019, seperti pemilih PDI-P, Golkar, PKB, dan Demokrat

Untuk basis pemilih Demokrat, Burhanuddin menjelaskan, mereka yang puas dengan kinerja Jokowi nilainya di atas 50 persen, yakni 52,1 persen. 

“Ini menarik, ketika elite Demokrat berada di luar pemerintahan, basisnya menyatakan puas dengan kinerja Jokowi,” ungkap Burhanuddin.

Burhanuddin mengatakan, basis pemilih PDI-P menjadi penyumbang tingkat kepuasan tertinggi. 

Ini karena angkanya mencapai 72,3 persen. Sementara basis pemilih PKB angkanya juga di atas 50 persen, yakni 59,1 persen. 

“Untuk basis pemilih Golkar, nilainya juga tinggi, mencapai 59 persen,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin mengungkapkan, ada kenaikan yang cukup signifikan terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi. 

Survei Indikator pada Mei lalu, tingkat kepuasan masyarakat baru menyentuh 61,8 persen.

Memasuki bulan Juli, ada kenaikan sebesar 3,1 persen, menjadi 64,9 persen. 

“Kepuasan cenderung kembali naik dalam sebulan terakhir, setelah sebelumnya cenderung turun,” ungkap Burhanuddin.

Sumber: Medcom
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »